Share

Suzuki Angkat Bicara Mengenai Kemungkinan XL7 Caplok Pasar Ertiga

Medikantyo, Okezone · Selasa 14 Januari 2020 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 14 52 2152939 suzuki-angkat-bicara-mengenai-kemungkinan-xl7-caplok-pasar-ertiga-CrQHBsSKMl.jpg Penampilan unit Suzuki Ertiga dalam sebuah acara di Jakarta (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Menguatnya kabar peluncuran model kendaraan SUV Suzuki XL7 dalam waktu dekat, menuai pertanyaan terkait dampaknya pada varian lain. Mengingat produk kendaraan Suzuki XL6 yang disebut sebagai saudara jauh kendaraan tersebut, dibuat di India menggunakan platform Suzuki Ertiga.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyebut prediksi terkait pengaruh kehadiran model baru seperti Suzuki XL7, masih terlalu dini. Bahkan, menurut Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS, pihaknya belum mau berandai-andai sebelum resmi memiliki produk baru.

 Suzuki

Harold sendiri enggan memastikan bahwa Suzuki XL7, bakal menjadi bagian dari lini anggota Ertiga. "Saya tidak mengamini bahwa model ini merupakan bagian atau turunan langsung Ertiga, belum ada pernyataan langsung bahwa model baru nanti memakai platform yang sama," katanya saat dihubungi Okezone pada Selasa (14/1/2020).

Begitu juga mengenai spekulasi terkait potensi kehadiran model baru, dapat mengganggu pangsa pasar Ertiga. Mengingat pembentukan posisi serta segmentasi produk tersebut masih menunggu wujudnya melalui acara peluncuran, bersamaan dengan penyampaian harga resmi dari PT SIS.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Fakta kehadiran model Suzuki XL6 di India, yang berada sebagai varian tertinggi model Ertiga di pasar tersebut, disebut Harold memang membentuk opini akan adanya kanibalisasi pangsa pasar. "Namun patut diingat, segmentasi model XL6 memiliki embel-embel Excellence dan disajikan dengan fitur teratas sehingga menyasar tipe konsumen berbeda," kata Harold.

Meunculnya kanibalisasi pasar tersebut, terbilang normal bagi Harold, semisal penawaran banderol harga model terbaru berselisih tidak jauh dengan varian yang sudah ada. Pembeli akan memperoleh pilihan lebih banyak, sehingga dapat menggairahkan pasar dalam jangka waktu tertentu.

 Suzuki Ertiga

Dorongan bagi produsen asal Jepang itu memperkenalkan model baru, menguat setelah Suzuki XL6 resmi beredar Agustus 2019 lalu di India. Mobil tersebut mengusung rangkaian mesin bertipe K-15B berkapasitas 1.5 L dengan empat silinder.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini