Share

Kenali Penyebab Oli Rembes dari Mesin Mobil

Medikantyo, Okezone · Senin 13 Januari 2020 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 13 87 2152347 kenali-penyebab-oli-rembes-dari-mesin-mobil-p2zPgF0b4T.jpg Fenomena oli merembes bisa terjadi karena kerusakan pada seal di mesin (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Sistem pelumasan mesin berperan penting bagi kinerja rangkaian penggerak mobil, terutama menjaga gesekan antar komponen. Seiring penambahan usia penggunaan kendaraan, sering muncul keluhan terkait fenomena rembesnya oli dari mesin yang menetes keluar.

Fenomena kebocoran cairan pelumas mesin tersebut, biasanya disebabkan oleh kerusakan pada bagian packing atau seal pada mesin. "Banyak faktor yang menyebabkan kerusakan, tetapi bisa saja faktor umur parts tersebut," ujar Didi Ahadi, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM).

 Perbaikan bengkel

Penggunaan bahan karet pada komponen seal pelumas mesin, memiliki faktor deteriorasi atau penurunan kualitas. Akibatnya seal pelumas itu tidak lagi dapat menahan tekanan, yang dihasilkan aliran oli dalam mesin tersebut. 

Merembesnya oli keluar dari bagian mesin, juga dapat disebabkan oleh insiden seperti benturan ataupun kecelakaan. Benturan keras bisa menyebabkan retakan atau kerusakan pada bagian seal sistem pelumas tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kebocoran oli karena adanya keretakan maupun kerusakan mesin tersebut bisa kembali terulang. "Apalagi jika tidak dilakukan perbaikan secara menyeluruh, setelah kendaraan mengalami kerusakan parah karena insiden tabrakan," ujar Anjar Rosjadi, Technical Service Division Head Astra Daihatsu Motor (ADM).

Faktor usia pemakaian sebagai penyebab kerusakan, membuat pemilik mobil wajib melakukan pemeriksaan secara rutin. Terutama saat mendapat bantuan teknisi, dalam proses servis rutin di bengkel.

Oli Mobil

Gejala rembesan oli secara mudah bisa dilihat dengan adanya tetesan pelumas, di lantai atau lokasi kendaraan terparkir. Pemilik mobil wajib segera melakukan pemeriksaan, jika menemukan adanya tetesan oli tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini