Share

Renault Usung Teknologi Hybrid Terkini untuk Clio dan Captur

Medikantyo, Okezone · Sabtu 11 Januari 2020 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 11 52 2151842 renault-usung-teknologi-hybrid-terkini-untuk-clio-dan-captur-xeRii0lk4m.jpg Teknologi hybrid E-tech dipasang Renault pada model Clio dan Captur (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BRUSSELS - Kemampuan memproduksi model kendaraan ramah lingkungan, ditunjukkan oleh Renault. Hal tersebut diwujudkan melalui penggunaan teknologi hybrid terbaru, untuk kedua model kendaran berbasis platform produksi CMF-B yakni Renault Clio dan Captur.

Pembaruan model kendaraan tersebut menggunakan teknologi hybrid jadi kali pertama dilakukan Renault, untuk varian platform CMF-B. Teknologi hybrid bertajuk E-Tech tersebut, juga merangkai High-Voltage Starter Generator dengan multi-mode clutchless transmission.

 Renault Clio

Dalam model Renault Clio, bekal mesin konvensional 1.6 L akan dirangkai dengan motor listrik ganda. Sementara kapasitas paket baterai kendaraan jenis hatchback tersebut hanya mencapai 1.2 kWh. Namun, bobot Renault Clio hybrid ini hanya lebih berat 10 Kg dari varian diesel.

Bekal rangkaian penggerak serupa juga terdapat dalam model Renault Captur, baik dari kapasitas mesin maupun motor penggerak. Perbedaan terdapat pada ukuran kapasitas paket baterai, yang melonjak menjadi 9,8 kWH sehingga dapat melaju sepenuhnya dengan tenaga baterai sampai 50 kilometer.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Motor listrik ganda yang terpasang pada rangkaian penggerak hybrid itu, bisa beroperasi secara independen maupun menggabungkan kekuatan. Terdapat juga fungsi teknologi regeneratif pada sistem pengereman, yang berfungsi memberi daya tambahan pada paket baterai.

Melalui penggunaan teknologi hybrid terbaru ini, Renault mengklaim terdapat efisiensi bahan bakar serta tingkat emisi di bawah standar. Bahkan, berdasarkan keterangan resmi Renault yang dilansir dari laman Autocar, konsumsi bahan bakar mobil ini hanya 1,5 liter untuk 100 Km.

 Renault Captur

Kehadiran teknologi terkini berupa hybrid pada kedua model ini, mendukung langkah elektrifikasi produsen asal Prancis itu. Sebelumnya, Renault memiliki target untuk dapat membuat 12 model kendaraan hybrid maupun plug-in hybrid sebelum 2022 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini