Share

Gubahan Toyota GR Yaris Resmi Meluncur di Tokyo Auto Salon 2020

Medikantyo, Okezone · Sabtu 11 Januari 2020 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 11 52 2151790 gubahan-toyota-gr-yaris-resmi-meluncur-di-tokyo-auto-salon-2020-hipweYQFyA.jpg Penampilan model Toyota GR Yaris yang meluncur pada Tokyo Auto Salon 2020 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Racikan terbaru pengembangan performa Toyota Yaris, akhirnya ditampilkan pada ajang Tokyo Auto Salon 2020. Paket peningkatan performa mobil itu, dikerjakan divisi balap Gazoo Racing bekerjasama dengan Tommi Makinen Racing pada sektor mesin, aerodinamis, dan karakter berkendara.

Produksi unit Toyota GR Yaris sendiri nantinya akan dilakukan secara massal, dengan menggunakan platform produksi TNGA. Bedanya, dari segi karakter produksinya, Toyota memilih pennggunaan sistem penggerak empat roda (4WD) dengan tujuan menguatkan karakter sporty mobil tersebut.

 Toyota GR Yaris

Pembaruan dilakukan dengan menambahkan komponen berbahan alumunium pada bodi kendaraan, seperti kap mesin, panel pintu, serta pintu bagasi. Hal tersebut mengurangi bobot bersih kendaraan, serta memungkinkan adanya peningkatan sisi aerodinamis pada Toyota GR Yaris ini.

Gazoo Racing lantas membekali rangkaian mesin DOHC tiga silinder berkapasitas 1.6 L dengan injeksi turbo. Mesin bertipe G16E-GTS itu mampu mengeluarkan kekuatan sampai 271 hp dengan torsi puncak menyentuh angka 370 Nm.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keseluruhan tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual iMT enam percepatan, untuk mendukung kinerja optimal sistem penggerak empat roda GR Yaris. Begitu juga dengan pemakaian sistem diferensial, dengan tiga mode berkendara yakni Normal, Sport, dan Track.

Model kendaraan ini juga digunakan oleh tim balap reli dunia (WRC) Toyota dalam musim 2020 mendatang. Melalui keterangan dalam laman resminya, Toyota menyebut model ini akan beredar secara luas sebagai anggota lini kendaraan sports untuk pasar Jepang dalam waktu dekat.

 Toyota GR Yaris

Penjualan kendaraan ini hanya akan tersedia dalam model pemesanan khusus, serta diproduksi dalam fasilitas produksi di Motomachi, Jepang. Terdapat dua varian Toyota GR Yaris yang bisa dipesan oleh konsumen. Tipe RZ First Edition seharga 3,96 juta Yen atau sekitar Rp471 juta. Juga, RZ High Performance seharga 4,56 juta Yen atau sekitar Rp573 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini