Share

Mengulas Standar Keamanan Mobil Dinas Baru Presiden Jokowi

Medikantyo, Okezone · Kamis 09 Januari 2020 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 09 52 2151050 mengulas-standar-keamanan-mobil-dinas-baru-presiden-jokowi-1XOmxof3rn.jpg Presiden Jokowi saat menumpangi kendaraan dinasnya beberapa waktu lalu (Foto: Okezone.com/Erie Prasetyo)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dipastikan menggunakan mobil dinas baru dalam waktu dekat. Hal itu terungkap dengan kedatangan unit Mercedes Benz S600 Guard terbaru, yang sudah diserahkan Mercedes Benz Distribution Indonesia (MBDI) kepada Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) pada akhir Desember 2019 lalu.

Penyerahan model Mercedes Benz S600 Guard itu, sudah dikonfirmasi langsung oleh Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management MBDI. "Kendaraan kepresidenan sudah kami serah terimakan kepada pihak Setneg akhir Desember lalu mas," ujarnya ketika dihubungi Okezone lewat pesan singkat.

 Mobil Presiden

Pengumuman dari proses pengadaan mobil dinas Presiden Jokowi itu, disampaikan Kemensetneg pada Agustus 2019 lalu. Besar kemungkinan, teknologi serta fitur keamanan dari mobil Mercedes Benz Guard S600 itu menjadi alasan pemilihannya sebagai mobil dinas Kepala Negara.

Namun ketika sempat disinggung mengenai detail kelengkapan fitur serta teknologi mobil tersebut, Kariyanto enggan berkomentar lebih jauh. "Karena alasan kerahasiaan, kami tidak dapat memberikan pernyataan terkait spesifikasinya," katanya kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Berdasarkan penelusuran Okezone terkait model Mercedes Benz S600 Guard, terdapat sejumlah keunggulan yang menjadikannya kendaraan sipil berstatus VVIP. Salah satunya berkat peringkat standar keamanan keluaran Lembaga Federal Investigasi Kriminal Jerman.

Penilaian itu bertajuk Ketahanan Kendaraan terhadap Ledakan (ERV 2010), ditambah sertifikasi perlindungan kelas VR10. Kedua standar yang tercantum menandakan kesanggupan bodi kendaraan berikut kaca jendela, menerima serangan peluru senapan serbu dan ledakan granat tangan.

 Mobil Presiden

Tangki bahan bakar juga memiliki kemampuan menutup lubang akibat tembakan, secara otomatis. Begitu juga penguatan kemudi serta poros penggerak kendaraan tersebut. Teknologi canggih lain adalah kemampuan ban mobil untuk melaju dalam keadaan kempes, untuk mencari lokasi aman dalam keadaan darurat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini