Share

Dipakai 2020, Mobil Dinas Jokowi Rakitan 2019

Medikantyo, Okezone · Kamis 09 Januari 2020 01:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 52 2150852 dipakai-2020-mobil-dinas-jokowi-rakitan-2019-9kyD3V4fnV.jpeg Mercedes Benz S600 Guard yang akan menjadi mobil dinas baru Presiden Jokowi merupakan unit rakitan 2019 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Mercedes Benz Distribution Indonesia (MBDI) telah menyebut pengiriman mobil dinas baru Presiden Joko Widodo, selesai dilakukan pada akhir Desember 2019. Mobil bertipe Mercedes Benz S00 Guard itu, kabarnya sudah berada dalam penanganan Sekretariat Negara, untuk dipakai tahun ini.

Boleh dibilang mobil dinas baru ini, merupakan regenerasi langsung dari model Mercedes Benz S600 Guard buatan 2008 yang tengah digunakan oleh Kepala Negara. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations & Product Management MBDI.

 Mobil Presiden

Selisih usia kedua mobil tersebut terpaut satu dekade lebih, sehinga wajar untuk dilakukan pergantian unit. "Kendaraannya diproduksi tahun 2019, jadi VIN (Vehicle Identification Number) 2019 mas," kata Kariyanto melalui pesan singkat kepada Okezone pada Rabu (8/1/2020).

Alasan usia memang menjadi faktor utama pelaksanaan lelang mobil dinas Presiden oleh Kementerian Sekretariat Negara. Bahkan, unit mobil yang saat ini digunakan tercatat pernah mengalami kerusakan mesin, saat bertugas menunjang kenegaraan Presiden Jokowi mengunjungi sejumlah wilayah Tanah Air.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mobil dinas peninggalan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, juga terlihat sempat terjebak macet di kawasan Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan pada November 2019 lalu. Beruntung, mobil tidak mengalami masalah berarti saat menuju lokasi acara.

Penyerahan mobil sedan VVIP itu disebut berjalan sesuai jadwal dengan rencana yang sudah disusun Mercedes Benz, sejak memenangkan lelang pada Agustus 2019 lalu. Tadinya pengiriman mobil diperkirakan memakan waktu tujuh sampai sembilan bulan, namun dapat terlaksana pada Desember 2019.

 Mobil Presiden

Kariyanto sendiri enggan berbagi detail, mengenai kesiapan kendaraan tersebut untuk perjalanan dinas Presiden Jokowi dalam waktu dekat. "Untuk penggunaannya bisa menghubungi pihak Sekretariat Negara ya," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini