Share

Intip Ketangguhan Pesawat F16 yang Diterjunkan ke Natuna

Nizar, Okezone · Rabu 08 Januari 2020 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 52 2150631 intip-ketangguhan-pesawat-f16-yang-diterjunkan-ke-natuna-JADPveZRSZ.jpg Pesawat tempur F16 (foto: ist)

JAKARTA – Tingginya ketegangan yang terjadi di pulau Natuna,membuat pemerintah pusat menyiagakan peralatan tempurnya, salah satunya adalah pesawat tempur F-16. Mengenal salah satu pesawat tempur yang dimiliki Indonesia, F-16 merupakan jet tempur multi-peran supersonik yang dikembangkan oleh perusahaan General Dynamics yang kemudian di akuisisi oleh Lockheed Martin, untuk Angkatan Udara Amerika Serikat.

Pada awalnya pesawat ini dirancang oleh Amerika Serikat sebagai pesawat tempur unggulan di udara namun akhirnya berevolusi menjadi pesawat tempur yang multi-peran. terkait akan hal tersebut membuatnya sukses di pasar ekspor, dan dipakai oleh 24 negara selain Amerika Serikat. Dengan jumlah sekitar 4000 unit F-16 sudah diproduksi sejak tahun 1976.

 Pesawat tempur F16

Pesawat F-16 sendiri mulai ada di Indonesia sejak tahun 1989. Pada saat itu Indonesia sepakat untuk membeli jet tempur ini sebanyak 12 unit melalui proyek Bima Sena. Serta untuk saat ini kabarnya Indonesia telah memesan model anyar dari F-16 Block 72 Viper sebanyak 2 skadron. Perlu diketahui bahwasannya pesawat yang dipesan merupakan pesawat tercanggih buatan Lockheed Martin. Serta untuk biaya pembuatan pesawat tempur ini sekitar US$118–US$121 juta atau sekitar Rp1,66 triliun-Rp1,70 triliun.

 Jet tempur F16 terjun di natuna

Adapun keunggulan dari pesawat tempur F-16 yang dimiliki oleh pertahanan Indonesia yaitu adanya radar pencari sasaran Westinghouse AN/APG-66 Doppler yang berada di bagian hidung pesawat. Radar tersebut mampu mendeteksi sasaran secara akurat dengan empat mode radar untuk keperluan serangan di udara (Air to Air Combat) dan tujuh mode radar untuk kepentingan serangan ke darat (Air to Surface Attack).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Keunggulan lain dari F-16 yang dimiliki oleh Indonesia adalah jet tempur tersebut lebih mengutamakan kestabilan dan kenyamanan bagi penerbang dengan kontrol sistem yang memakai Fly By Wire (FWB). Selain itu F-16 juga mampu bermanuver hingga tekanan gravitasi 9g yang melebihi kemampuan pesawat tempur pada saat ini dan menempatkan stick kemudi di sebelah kanan sehingga pilot bisa mengamati kokpit secara lebih luas dan leluasa.

Tak hanya mengadopsi segala sistem yang canggih, jet tempur ini juga mempunyai sitem persenjataan yang kuat dan mutakhir untuk melibas musuh ataupun untuk menjaga wilayah. Senjata-senjata tersebut diantaranya, untuk serangan di udara terdapat satu senapan mesin M61 Vulcan Gatling berkaliber 20 mm, roket CRV7 dengan kaliber 70 mm, enam rudal AIM-9 Sidewinder atau enam AIM-120 AMRAAM.

 Jet tempur F16

Sementara untuk serangan di darat, F-16 dilengkapi dengan enam rudal AGM-65 Maverick, HARM, SHRIKE, dan empat rudal antikapal perang AGM-119 Penguin. Sedangkan untuk bom yang bisa dibawa oleh pesawat tempur ini adalah jenis bom yang dapat melumpuhkan musuh secara cepat seperti GBU-87, GBU-89, GBU-97, GBU-10 Paveway, GBU-12 Paveway II, Paveway Laser Guided Bomb, JDAM, Mk 80, bahkan pesawat ini juga dapat dibekali dengan bom nuklir.

Dari segi mesin, jet tempur besutan Amerika Serikat ini menyematkan mesin General Electric F110-GE-129 atau Pratt dan Whitney F100-PW-229 yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 23.770 pound-force, kemudian kecepatan maksimum pada pesawat ini 2.413 kpj, serta ketinggian maksimumnya 50.000 kaki atau setara dengan 15.24 km.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini