Share

Pemuda Ini Ciptakan Motor Amfibi yang Mampu Libas Sungai Dalam

Ardimo Harsa, Okezone · Sabtu 07 Desember 2019 01:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 06 312 2138929 pemuda-ini-ciptakan-motor-amfibi-yang-mampu-libas-sungai-dalam-yne1vnabHo.jpg Pemuda ciptakan motor amfibi mampu berjalan di dalam air (foto: Ist)

Kuala Lumpur – Berawal dari coba-coba, kreativitas dua pemuda asal Malaysia ini justru melahirkan sebuah motor amfibi yang tak hanya bisa dibawa di jalan raya, tapi juga mampu melewati wilayah perairan yang dalam.

Motor ini adalah buah karya Ikram Shahidi Mat Kail (24) dan adiknya Muhammad Zakaria (22). Kakak beradik ini memodifikasi dua buah motor yakni Modenas Kriss 110 dan Honda C70. Mereka menggunakan sebuah botol plastik yang digunakan sebagai tangki bensin. Tangki ini kemudian diletakkan di atas, sejajar dengan kepala pengendara.

 Motor amfibi

Selain itu, mereka juga mengubah letak saluran udara dan karburator serta membuat pipa menjadi lebih tinggi. Hal ini agar komponen-komponen tersebut tak kemasukan air sehingga mesin masih bisa menyala meski terendam air.

Berkat modifikasi tersebut, kedua motor itu mampu tetap melaju dengan cepat meski pun bodi motor telah terendam seluruhnya dan ketinggian air telah setinggi leher pengendara.

 Motor Amfibi

Melansir The Malaysian Reserve, Ikram mengaku sempat mencoba membuat motor amfibi tersebut sejak tahun lalu namun upaya perdananya gagal karena motor mati ketika dibawa ke perairan yang dalam. “Namun saya mencoba untuk membuatnya lagi baru-baru ini dan berkat bantuan dari teman-teman, motor itu pun bisa selesai dalam waktu 2 jam” ungkapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Video uji coba sepeda motor amfibi ini awalnya diunggah oleh salah seorang anggota komite Persatuan Belia Sepadu Banggol Khairul Afendi Ibrahim di laman Facebooknya pada Selasa (3/12.) Tak disangka, video tersebut viral dan mendapat lebih dari 1.000 komentar dan dibagikan sebanyak 23 ribu kali.

Ikram sendiri mengaku terkejut dengan viralnya video tersebut “Kami hanya berkeliling-keliling kampung dengan motor tersebut dan kami tak menyangka video tentang motor kami bisa viral dan banyak yang memuji kreativitas kami,” tukasnya.

 Modifikasi motor amfibi

Pok Ya, begitu sapaan akrab Zakaria mengaku bahwa modifikasi motor tersebut dilakukannya untuk mengisi waktu luang setelah bekerja sebagai mekanik di bengkel milik mereka. Keduanya pun mengaku tak pernah mendapat pendidikan formal sebagai mekanik. Ilmu tentang sepeda motor didapatkan dari kecintaan mereka terhadap sepeda motor sejak kecil dan pengalaman bekerja selama beberapa tahun.

Meski saat ini dibuat sebagai pengisi waktu luang dan digunakan sebagai kendaraan untuk memancing ikan dan menangkap burung, Pok Ya mengaku ingin membuat motor amfibi ini untuk menghadapi musim banjir yang akan datang. Ia berharap sepeda motornya dapat berguna untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini