Share

Mengenal Mobil Terbang yang Dibuat Pertama di Dunia

Nizar, Okezone · Kamis 05 Desember 2019 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 05 52 2138368 mengenal-mobil-terbang-yang-dibuat-pertama-di-dunia-RdFI34mqMj.jpg Mobil terbang pertama di dunia (foto: ist)

MINNESOTA -Jauh sebelum banyak produsen otomotif dan teknologi saat ini mengembangkan mobil terbang sebagai moda transportasi alternatif ditengah kemacetan jalan raya. Produsen otomotif asal Amerika Serikat Taylor Aerocar diketahui sebagai yang pertama mengembangkan mobil terbang lebih dulu.

Bahkan dari sejarahnya Taylor Aerocar telah mengembangkan mobil terbangnya tersebut pada 1949. Dilansir dari situs Thethings.com Moulton Taylor Seorang insinyur yang membuat mobil terbang seri N101D, membekali mobil rancangannya dengan mesin Lycoming O-320 4 silinder. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga 143 hp serta digerakan melalui transmisi manual 3 percepatan.

 Mobil terbang

Dalam mode road atau di jalan raya, Moulton Taylor menggunakan mobil ini dengan sistem penggerak 4 roda serta pada kondisi ini Beberapa bagian yang digunakan untuk terbang seperti baling-baling dan badan pesawat nantinya akan disimpan di sebuah trailer yang berda di belakang. Dan pada saat mode flight atau terbang, mesin tersebut akan memusatkan tenaganya pada sayap di bagian belakang mobil.

 Mobil terbang di dunia

Dalam perjalanannya, mobil ini telah menempuh jarak 24.140 km serta di udara mobil ini telah menjelajah selama 781 jam. Dengan jam terbang yang sudah cukup banyak, mobil ini telah mendapat sertifikat dari Federation Aviation Administration (FAA) sebagai kendaraan yang layak untuk dipakai di darat ataupun di udara.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pada masa pembuatannya mobil ini dibanderol 895.000 dolar Amerika atau senilai Rp12.6 miliyar jika menikuti nilai mata uang saat ini. Dan pada Januari 2020 mendatang, mobil ini akan dilelang melalui rumah lelang Berret-Jackson. Sebelum dilelang, mobil ini masih dipajang di Golden Wings Flying Museum, Amerika Serikat.

 Mobil terbang pertama dunia

Untuk sekedar informasi, perusahaan ini telah mengeluarkan 6 model mobil terbang yang salah satunya model N101D. Mobil terbang ini telah menghabiskan waktunya selama 65 tahun di Golden Wings Flying Museum sebelum berakhir di rumah lelang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini