Share

Pentingnya Sarana Pendukung untuk Tekan Kecelakaan Fatal di Jalan Raya

Medikantyo, Okezone · Kamis 05 Desember 2019 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 05 52 2138353 pentingnya-sarana-pendukung-untuk-tekan-kecelakaan-fatal-di-jalan-raya-wmMo7OPWr3.jpg Pengendara wajib mematuhi rambu dan fasilitas penunjang demi keselamatan berkendara di jalan raya (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Tingginya angka kecelakaan yang terjadi saat ini, ditengah terus bertambahnya pembangunan infrastruktur yang tengah difokuskan pemerintah menjadi perhatian besar. Selain dari pemerintah, perhatian datang dari pelaku industri otomotif salah satunya produsen perlengkapan kendaraan 3M.

Tingginya intensitas pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, dengan ruas jalan nasional sekitar 47.000 kilometer dengan jalan tol sepanjang 2.000 kilometer. Sayangnya, tidak semua ruas jalan memiliki sarana penunjang keselamatan memadai.

 Jalan tol

Korlantas Polri mencatat tingkat kecelakaan lalu lintas meningkat dari 104.327 kejadian selama 2017 menjadi 107.968 kejadian pada 2018 lalu. Bahkan, data lain menunjukkan secara rataan terjadi tiga kasus kecelakaan di seluruh ruas jalan tol Indonesia per hari.

Perlunya peningkatan sarana pendukung serta rambu memberi informasi kepada pengemudi kendaraan dinilai dapat memberi pengaruh menekan angka kecelakaan lalu lintas. "Misalnya kebutuhan rambu informasi kawasan transisi zona kecepatan di jalan tol yang bermanfaat untuk pengendara mobil pribadi," ujar akademisi Universitas Gadjah Mada, Prof. Siti Malkhamah, M.SC.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lembaga Internasional untuk Penilaian Keselamatan Jalan (iRAP) juga menyebut mayoritas ruas jalan Indonesia, membutuhkan peningkatan fasilitas demi keselamatan pengendara. "Masih banyak peninglatan yang bisa dilakukan untuk mencapai target menurunkan angka insiden fatal sampai 40 persen," ujar CEO iRAP, Rob McInerney.

Sementara kalangan usaha seperti 3M Indonesia berupaya menyediakan teknologi baru untuk mendukung standar keselamatan di jalan. Selain membantu menyediakan kebutuhan bahan lembaran reflektif untuk rambu lalu lintas, 3M juga menyediakan Conspicuity (lembaran tempel reflektif) untuk kendaraan berat.

Jalan tol

Ketersediaan bahan baku tersebut dalam kualitas terbaik mendorong peningkatan kesadaran keselamatan berkendara di jalan. "lembaran reflektif dan stiker pemantul cahaya sampai perlengkapan jalan lainnya merupakan sumbangsih 3M dalam mendukung peningkatan keselamatan keselamatan di jalan," ujar Director of Transportation and Electronics Business Group 3M Indonesia, Audist Subekti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini