Share

Sejarah Mobil Komodo Racikan Pindad yang Siap Mendunia

Medikantyo, Okezone · Rabu 04 Desember 2019 22:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 04 52 2138086 sejarah-mobil-komodo-racikan-pindad-yang-siap-mendunia-oeqv905QBm.jpg Mobil taktis buatan Pindad diberi nama Komodo oleh mantan Presiden SBY (Foto: Okezone.com/pool/Pindad)

JAKARTA - Pengembangan kendaraan taktis (rantis) Komodo buatan Pindad tidak lepas dari permintaan Susilo Bambang Yudhoyono, ketika masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Saat itu, angkatan bersenjata serta kepolisian belum memiliki kendaraan taktis layak buatan lokal.

Sebagai produsen, Pindad mengambil inspirasi dari performa model rantis militer Amerika Serikat, Humvee. Model kendaraan tersebut menjadi salah satu varian mobil 4x4 populer di kalangan bersenjata, sehingga untuk menandingi fitur dan kemampuannya membutuhkan pengembangan menyeluruh.

 Komodo

Baru pada 2012 silam, Pindad berhasil memperkenalkan secara luas rantis barunya itu dalam ajang pameran industri Indo Defence Expo and Forum di Jakarta. SBY lantas memberi nama Komodo kepada produk tersebut mengingat statusnya sebagai kendaraan khusus buatan lokal seperti halnya binatang khas Indonesia tersebut.

Selain itu, pemberian nama Komodo memiliki harapan agar kendaraan tersebut mempunyai impresi kuat serta mampu diandalkan dalam berbagai medan tempur. Rancangan model kendaraan Komodo sendiri dianggap sudah memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata Indonesia sebagai sebuah mobil taktis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kesan penampilan eksterior mobil taktis Komodo buatan Pindad sendiri sekilas memiliki bawaan dari Humvee, terutama pada bagian grill serta lampu utama. Selain itu, kapasitas serta fitur kendaraannya menyerupai model kendaraan taktis Renault Sherpa Light Scout yang turut dipunyai militer Indonesia.

Rangkaian mesin yang ditempatkan pada rantis ini bertipe diesel enam silinder segaris turbocharged. Kekuatan yang mampu dikeluarkan secara maksimal mencapai 215 Hp yang disalurkan dengan transmisi manual enam percepatan. Kecepatan maksimalnya mencapai 100 Kpj dalam lintasan aspal.

 Komodo

Ketahanan kendaraan dari serangan senjata serbu ringan serta ledakan granat, juga didukung teknologi bantuan visual malam hari. Tangki bahan bakar berkapasitas 200 liter membuatnya bisa menempuh 450 Km. Untuk penggunaan dalam negeri, varian ini sudah digunakan oleh satuan Brigade Mobil (Brimob) Polri sebagai kendaraan angkutan pasukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini