Share

Datsun 240Z Dicangkok 'Jeroan' Nissan Skyline, Tenaganya Tembus 500 Dk

Ardimo Harsa, Okezone · Rabu 04 Desember 2019 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 04 312 2137959 datsun-240z-dicangkok-jeroan-nissan-skyline-tenaganya-tembus-500-dk-Oeu3sdLGpc.jpg Modifikasi Datsun 240Z (foto: ist)

JEPANG – Datsun 240Z yang juga dikenal dengan Nissan Fairlady Z milik Kazumoto Tajiri ini bisa dikatakan berbeda dari 240Z lainnya. Pasalnya, meski tetap memiliki bodi 240Z, hampir seluruh komponen bergerak yang ada di mobil ini merupakan milik mobil sport lain buatan Nissan yaitu Skyline.

Pria Jepang yang merupakan pemilik bengkel Web Speed Shop yang berlokasi di Shimoshima, Jepang ini memboyong sebuah Datsun 240Z dari Amerika Serikat karena sulitnya menemukan mobil ini di Jepang, demikian dilansir Silodrome.

 Datsun 240Z

Kazumoto kemudian membongkar 240Z ini hingga tersisa rangkanya saja. Ia pun memasangkan under brace di rangka mobil ini sehingga rangka mobil dapat lebih kuat. Penguatan rangka ini sendiri dilakukan agar mobil mampu bertahan dengan capaian output mesin yang ditarget di angka 500 dk.

 Modifikasi Datsun

Interior mobil ini sendiri sudah dimodifikasi ala mobil balap. Semua karpet dan peredam dilepas untuk mengurangi bobot mobil. Roll bar 6 titik pun dipasang sebagai piranti keamanan sekaligus membuat rangka menjadi lebih kokoh. Jok bawaan tak lupa diganti dengan jok balap sehingga pengemudi dan penumpang dapat tersangga dengan lebih baik ketika membawa mobil ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Perubahan terbesar di 240Z ini ada di bagian mesin. Mesin 2.4 liter 6 silinder segaris bawaan mobil ini diganti dengan mesin 6 silinder segaris dari Skyline R32 berkode RB25. Mesin tersebut juga telah mengalami berbagai ubahan agar mampu mengeluarkan daya hingga lebih dari 500 dk.

 Datsun 240Z

Mulai dari kapasitas mesin yang naik dari 2.5 liter ke 2.8 liter, penggunaan turbo GT06 yang dilengkapi dengan intercooler, pemasangan intake manifold dengan spek balap agar mesin mendapat suplai udara lebih banyak, dan juga penggunaan cam dari Apex.

Tidak hanya mencangkok mesin milik Skyline R32, Kazumoto juga memasangkan transmisi manual 5 percepatan milik Skyline R33 GTR. Ia juga mengganti kaki-kaki seperti rem dan suspensi bawaan 240Z dengan milik R33 GTR agar mobil ini mampu dikendalikan dengan tenaga besarnya.

 Datsun 240Z

Kazumoto sendiri mengatakan tujuannya memodifikasi 240Z ini dan memasangkannya dengan berbagai komponen dari Nissan Skyline adalah karena ia ingin membuat sebuah mobil yang memiliki seluruh bagian dari mobil-mobil sport terkenal buatan Nissan dari dekade 1970-an hingga 1990-an.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini