Share

Yamaha Nmax & Honda PCX Bikin Bingung Konsumen, Mana Lebih Baik?

Medikantyo, Okezone · Selasa 03 Desember 2019 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 03 53 2137370 yamaha-nmax-honda-pcx-bikin-bingung-konsumen-mana-lebih-baik-4k2PAx3gqj.jpg Peluncuran model Yamaha NMAX 155 generasi baru di Jakarta (Foto: Okezone.com/Mufrod)

JAKARTA - Selepas peluncurannya pada awal pekan ini, Yamaha NMax 155 seakan membuka persaingan baru dengan model skutik bongsor lain Honda PCX. Segmentasi berdekatan dari kedua model tersebut membuat konsumen kerap melakukan perbandingan, sebagai dasar untuk melakukan pembelian.

perbandingan utama bisa terlihat dari harga yang ditawarkan oleh produsen Honda PCX maupun Yamaha NMax terbaru. Varian motor Honda PCX sendiri hadir dalam dua tipe yakni CBS dan ABS dengan banderol mulai Rp28,9 juta (CBS) dan Rp31.9juta (ABS).

 Yamaha NMax 155

Sedangkan untuk model NMax terkini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum merilis harga secara resmi. Tetapi informasi dari YIMM menyebut angka penawaran varian tersebut nantinya, berada di kisaran 30 jutaan saat dipasarkan pada 2020 mendatang.

Untuk perbandingan kekuatan di dapur pacunya, Yamaha NMax memiliki mesin baru berteknologi Blue Core dengan kapasitas 155 cc. Mesin berpendingin cairan silinder tunggal tersebut diklaim mengeluarkan tenaga sampai 15,1 Hp pada putaran mesin sampai 8.000 rpm.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rangkaian mesin dengan bore x stroke 58 x 58,7 mm tersebut, kini juga memiliki katup berukuran 20,5 mm. Angka rasio kompresinya juga meningkat menjadi 11,6:1, serta angka torsi puncaknya menyentuh kisaran 13,9 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.

Catatan tersebut mengungguli klaim performa motor Honda PCX, yang menggunakan rangkaian mesin SOHC berkapasitas 149,3 cc. Kekuatan optimalnya menyentuh 14,4 Hp pada putaran mesin 8.500 rpm. Sedangkan untuk torsinya disebut mencapai 13,5 Nm dengan angka rasio kompresi 10,6:1.

 Honda PCX

Berbicara mengenai fitur yang ditawarkan, Yamaha memasang teknologi pencahayaan LED pada lampu utama dan belakang. Yamaha NMax generasi baru juga dilengkapi fitur lampu hazard untuk memberi sinyal kepada pengendara lain dalam situasi tertentu, yang sebelumnya sudah tersedia di Honda PCX.

Sebagai nilai lebih dari Yamaha NMax terbaru, produsen berlambang garpu tala itu melengkapi motornya dengan koneksi melalui Communication Control Unit (CCU). Keunggulan tersebut memberi informasi bagi pengguna seperti lokasi parkir, notifikasi pesan ponsel, rekomendasi perawatan, hingga konsumsi bahan bakar.

Fitur lain yang disajikan secara premium oleh kedua model ini adalah Smart Key System, yakni terintegrasi dengan sistem immobilizier. Teknologi tampilan berteknologi LCD juga menjadi fitur standar bagi kedua skutik berbadan besar itu.

 Yamaha Nmax 155

Perbedaan lain dari kedua skutik berbadan bongsor ini, terletak pada kapasitas tangki bahan bakar. Honda PCX sedikit lebih unggul dengan kapasitas tangki sebesar 8 L, sementara untuk Yamaha NMax terbaru dapat menampung 7,1 L bahan bakar dalam kondisi penuh.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini