Share

BMW Motorrad Ungkap Mesin Boxer Anyar untuk Model R18

Medikantyo, Okezone · Senin 02 Desember 2019 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 02 53 2136769 bmw-motorrad-ungkap-mesin-boxer-anyar-untuk-model-r18-4I7GjNq2Um.jpg BMW Motorrad R18 jadi konsep motor klasik terkini produsen Jerman itu (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BERLIN - Pengembangan mesin tipe Boxer dilakukan oleh BMW Motorrad untuk menunjang pengembangan model masa depannya, R18. Produsen yang bermarkas di Jerman itu mulai mengungkap detail mengenai mesin, yang akan membekali varian bertema klasik tersebut.

Memiliki julukan sebagai Big Boxer, inspirasi awal rancangan mesin ini disebut mengacu pada mesin Boxer generasi awal. Termasuk yang digunakan pada model motor BMW R5 keluaran periode 1936, dengan pembaruan seperti pemasangan bearing untuk mengurangi getaran pada kruk as.

 BMW Motorrad

Mesin baru Big Boxer ini berpendingin udara maupun cairan dengan bobot 110,8 Kg yag sudah termasuk dengan gearbox juga sistem intake. Kapasitas mesin dua silinder tersebut mencapai 1,8 L dengan ukuran diameter silinder (bore) 107 mm serta stroke 100 mm.

Kekuatan dari rangkaian daya terbaru buatan BMW Motorrad ini diperkirakan menyentuh 91 Hp dengan torsi puncak mencapai 158 Nm pada putaran mesin 3.000 rpm. Namun, berdasarkan rilis resminya, mesin tersebut dapat bekerja dengan maksimal pada putaran mesin 5.750 mm.

 BMW Motorrad

BMW Motorrad hingga saat ini belum memutuskan untuk memulai produksi model R18 dalam waktu dekat. Meski, terdapat dua konsep motor dari R18 yang diperkenalkan kepada publik, seperti terakhir terjadi dalam gelaran EICMA 2019 lalu di Milan, Italia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini