Share

Tips Bikin Busi Motor Lebih Awet

Mufrod, Okezone · Minggu 01 Desember 2019 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 01 53 2136547 tips-bikin-busi-motor-lebih-awet-Tr1hlktzpQ.jpg Busi sepeda motor (Foto: ist)

JAKARTA - Busi merupakan sumber pengapian langsung untuk mendukung sistem pembakaran internal mesin. Pengapian busi sendiri terjadi ketika pengendara membuka putaran gas sehingga terjadi sistem pembakaran di mesin.

Setiap putaran gas yang dilakukan pengendara, maka pengapian dari busi terjadi. Karenanya busi bekerja cukup masif, namun untuk menjaga kondisi busi lebih awet ada beberapa cara yang perlu dilakukan oleh pengendaranya.

 busi sepeda motor

Menurut Heribertus distributor busi Brisk saat ditemui di IIMS Motobike Show 2019, mengungkapkan, perangkat busi memiliki usia pakai yang mencapai 10 ribu kilometer. Sedangkan busi kualitas tinggi seperti Brisk mencapai 30-40 ribu kilometer.

 Busi sepeda motor

Semakin sering pengendara menggeber motornya, maka kinerja busi akan terus menghasilkan api. Sehingga untuk menjaga kondisi busi tetap awet sangat tergantung pada karakter pengendaranya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Lebih banyak ke tangan ya atau gaya berkendara atau akselerasi karena kalau ngegas api memancar jadi pemakaian bisa lebih cepat habis," katanya.

 busi sepeda motor

Ketika pengendara lebih banyak menggeber kendaraannya, maka busi akan lebih banyak mengeluarkan api dan pengaruh terhadap masa pakai busi yang lebih cepat. Meski jarak tempuh sudah terlampaui busi pada dasarnya masih mampu mengeluarkan api namun tidak maksimal seperti masa pakai sebelum 10 ribu kilometer penggunaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini