Share

Demi Akali Aturan Plat Nomor Mobil, Warga Beijing Rela Kawin Kontrak

Ardimo Harsa, Okezone · Minggu 01 Desember 2019 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 01 52 2136616 demi-akali-aturan-plat-nomor-mobil-warga-beijing-rela-kawin-kontrak-MioKpHMrXx.jpg Plat nomor kendaraan (foto: ist)
 

BEIJING – Demi bisa segera mengemudikan mobil baru mereka, banyak warga Beijing, Tiongkok kini melakukan kawin kontrak. Hal ini agar mobil mereka dapat dengan cepat mendapat plat nomor sehingga dapat digunakan di jalan.

Jasa kawin kontrak ini muncul untuk mengakali peraturan pemerintah Tiongkok yang mengundi siapa pun yang ingin mendaftarkan kendaraannya di Beijing. Undian yang dilakukan per 2 bulan ini menentukan siapa saja yang berhak mendapat plat nomor untuk kendaraan barunya.

 plat nomor mobil

Aturan yang dibuat pada 2011 ini diterapkan untuk mengurangi polusi dan kemacetan di Beijing. Pada 2018, jumlah plat nomor yang dikeluarkan pemerintah diturunkan dari 240 ribu plat nomor menjadi hanya 100 ribu.

plat nomor cantik

Statistik menyebut hanya 1 dari 2.600 pemilik mobil baru yang mendapat plat nomor dari pemerintah. Hal ini membuat banyak pemilik mobil yang tak sabar karena harus menunggu hingga bertahun-tahun demi mendapat plat nomor.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seperti dilaporkan The Drive, jasa kawin kontrak ini kini tengah marak ditawarkan di Beijing. Sistemnya adalah dengan menghubungkan klien yang memiliki mobil baru dengan pemilik plat nomor. Keduanya kemudian melakukan kawin kontrak agar mobil baru tersebut bisa didaftarkan dengan nama pemilik plat nomor.

plat nomor cantik

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan kawin kontrak ini tergolong tinggi. Pembeli mobil bensin harus mengeluarkan uang hingga lebih dari $22.700 (Rp. 319.7 juta) sementara bagi mereka yang ingin mendaftarkan mobil listrik biayanya lebih murah yaitu di angka $15.650 (Rp. 220.4 juta.)

 

Setelah didaftarkan, kedua belah pihak kemudian menentukan durasi kawin kontrak. Untuk durasi kawin kontrak sendiri biasanya berada di rentang waktu 1 tahun yang dikenai biaya $2.845 (Rp. 40 juta) hingga 5 tahun dengan tarif $9.816 (Rp. 138.2 juta.)

Salah satu penyedia jasa ini menyebut bahwa setiap hari terdapat 3 hingga 4 orang klien yang tertarik menggunakan jalan kawin kontrak untuk cepat mendapatkan plat nomor. Diklaim, lewat jalan ini sebuah mobil baru bisa langsung mendapatkan plat nomor dan digunakan di jalan hanya dalam 20 hari saja.

 Plat nomor kendaraan

Meski terdengar menggiurkan, praktik ini memiliki banyak risiko. Selain hanya membuat mobil baru secara teknis bisa segera mendapat plat nomor, Wang Lidan, hakim di distrik Haidian menyebut bahwa banyak orang yang tertipu dengan kawin kontrak ini seperti kasus seorang wanita yang ditipu setelah menyerahkan uang untuk melakukan kawin kontrak namun mobilnya tak kunjung didaftarkan. Akibatnya, ia harus menunggu 3 bulan sebelum bisa mengajukan gugatan cerai.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini