Share

Kenali Gejala Kinerja Busi Tak Lagi Layak Pakai

Mufrod, Okezone · Sabtu 30 November 2019 20:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 30 53 2136446 kenali-gejala-kinerja-busi-tak-lagi-layak-pakai-p8ICldalbJ.jpg Fungsi busi pada sepeda motor (foto: Okezone)

JAKARTA - Busi merupakan perangkat penting dalam menghasilkan kinerja pembakaran internal mesin. Sumber pengapian yang dihasilkan busi tak lepas sebagai penyokong dari kinerja mesin menjadi maksimal.

Meski sebagai perangkat yang memberikan pengapian langsung, sayangnya banyak pengguna kendaraan khususnya sepeda motor sering mengabaikan masa pakai busi. Bahkan tak jarang beberapa pemilik sepeda motor nekat menggunakan busi yang tak layak pakai meski kondisi mesin masih bisa menyala saat dihidupkan.

 busi sepeda motor

Menurut Giman selaku Owner GMA Product Series, untuk mengenali busi yang sudah dipakai lama dan tak lagi layak digunakan sangat mudah. Pemilik kendaraan cukup melihat ujung konduktor dari perangkat busi apakah sudah hitam atau belum.

 Busi sepeda motor Brisk

"Biasanya dari bagian ujung atau konduktor sudah berwarna kehitaman kalau yang ukurannya cukup panjang terlihat habis," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Busi dengan kondisi seperti itu, lanjut Giman memang masih bisa menghasilkan pengapian, namun jika dipaksakan akan berdampak mesin mati total dan akan sulit menyala. Namun sebelum kondisi tersebut terjadi beberapa gejala bisa dirasakan oleh pengendara seperti performa mesin tak normal atau brebet.

 Busi sepeda motor

"Mbrebet biasanya, kalau mesin mati pemeriksaan utama langsung ke bagian busi, kalau dipaksakan terus berkendara dengan busi yang tidak layak pasti mesinnya mati," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini