Share

MINI Cooper Listrik Bakal Diproduksi di Tiongkok

Medikantyo, Okezone · Sabtu 30 November 2019 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 30 52 2136391 mini-cooper-listrik-bakal-diproduksi-di-tiongkok-coBq2WkGSy.jpg Tampilan mobil listrik MINI Cooper SE (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BEIJING - Produsen asal Eropa yang bakal membuka pabrik kendaraan elektrifikasi di Tiongkok bertambah, dengan rencana pembuatan fasilitas produksi dari Mini. Produsen di bawah naungan BMW Group tersebut, menggandeng Great Wall Motor untuk membangun pabrik di wilayah Zhangjiagang, Jiangsu.

Fasilitas produksi ini akan khusus merakit kendaraan elektrifikasi Mini di waktu mendatang. Pembangunan fasilitas produksi ini ditargetkan selesai pada 2022 mendatang dengan kapasitas produksi mencapai 160.000 kendaraan per tahun. Total nilai investasi pabrik ini mencapai 555 juta Paun atau sekitar Rp10 triliun.

 Mini Cooper SE

Proyek kerjasama ini akan berjalan dengan bendera Spotlight Automotive, dengan BMW dan Great Wall membagi rata kepemilikan pada fasilitas ini. Namun, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai kemungkinan Mini maupun Great Wall untuk mengembangkan model kendaraan listrik baru di fasilitas tersebut.

Pendirian pabrik tersebut diperkirakan mendukung peredaran lini kendaraan Mini, termasuk model elektrik di masa mendatang, untuk pemenuhan pasar Tiongkok. Namun, tidak menutup kemungkinan kendaraan yang dihasilkan pabrik ini, akan dipersiapkan untuk mengisi kebutuhan model Mini di negara lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

BMW menyebut kerjasama pendirian fasilitas di Tiongkok ini, memungkinkan Mini menyediakan lini kendaraan listrik pada taraf lebih kompetitif. "Langkah ini terbilang strategis untuk Mini, sekaligus menggambarkan pentingnya pasar kendaraan Tiongkok bagi Mini," ujar perwakilan BMW, Nicolas Peter.

Kendaraan listrik Mini Cooper SE sebelumnya sudah diperkenalkan pada September 2019 lalu, dengan proses produksi utama berlangsung dalam fasilitas di Oxford Inggris. Konsumen yang sudah menaruh pemesanan, akan menerima kendaraan listrik buatan Mini tersebut pada Maret 2020 mendatang.

 Mini Cooper SE

Mini Cooper SE memakai rangkaian penggerak yang serupa dengan model BMW i3, dengan kapasitas paket baterai 32,6 kWh. Varian MIni Cooper SE disebut mampu mengeluarkan tenaga 181 Hp dengan torsi puncak menyentuh angka 270 Nm. Sementara, jarak jelajah realistisnya sejauh 270 Km dalam kondisi optimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini