Share

Lambretta Bocorkan Rencana Bangun Pabrik ke Menperin Agus Gumiwang

Medikantyo, Okezone · Jum'at 29 November 2019 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 29 53 2136075 lambretta-bocorkan-rencana-bangun-pabrik-ke-menperin-agus-gumiwang-AAbwU3wyKB.jpg Menteri perindustrian Agus Gumawang Kartasasmita sambangi anjungan Lambretta dalam IIMS Motobike Expo 2019 (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

JAKARTA - Kehadiran sosok Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam gelaran IIMS Motobike Expo di kawasan Senayan, Jakarta menjadi rebutan sejumlah produsen. Beberapa perwakilan perusahaan industri sepeda motor di Tanah Air berkesempatan menyampaikan perkembangan aktivitasnya.

Fenomena tersebut muncul ketika Menperin Agus Gumiwang berjalan meninjau area pameran produsen kendaraan di pelataran gedung utama Istora Senayan pada Jumat (29/11/2019). Agus berkeliling ditemani oleh Presiden Direktur Dyandra Promosindo, sebagai penyelenggara IIMS Motobike Expo, Hendra Noor Saleh.

 IIMS

Salah satu produsen yang secara terbuka mengungkapkan rencananya adalah Lambretta. Bernaung di bawah PT Skuter Motor Indonesia (SMI), Lambretta menyuarakan kesiapan untuk membangun fasilitas perakitan di Tanah Air. "Selanjutnya kami mau membuat pabrik perakitan di sini, selanjutnya mohon waktu untuk menyampaikan presentasi langsung," ujar CEO PT Brum Brum, induk perusahaan SMI, Ade Sulistioputra.

Agus segera merespons pernyataan tersebut dengan komitmen untuk membantu produsen kendaraan roda dua untuk berinvestasi lebih lanjut di Tanah Air. "Kalau memang punya rencana membangun fasilitas pabrik, bisa saja nanti dibantu," ujarnya saat berada di depan anjungan produsen skuter asal Italia tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pemerintah sendiri memperhatikan potensi produksi kendaraan roda dua dengan pertumbuhan yang menjanjikan. Selain diserap oleh pengguna kendaraan roda dua di pasar domestik. Produk rakitan lokal mampu bersaing sebagai salah satu komoditas ekspor yang menjanjikan.

Detail mengenai kondisi produksi kendaraan roda dua nasional disampaikan Menperin Agus Gumiwang dalam sambutannya saat membuka IIMS Motobike 2019. "Total produksi sepeda motor periode Januari sampai Oktober 2019 mencapai 6,2 juta unit, dengan penjualan domestik sebanyak 5,5 juta unit dan sisanya ekspor," katanya.

 IIMS

Total pengiriman kendaraan roda dua rakitan Indonesia sekitar 700 ribu unit itu, menyasar sejumlah negara tujuan. Pemerintah pun menyiapkan target khusus pada 2025 mendatang. "Termasuk Filipina, Thailand, Bangladesh, Eropa Barat hingga Amerika Latin. Targetnya produksi sepeda motor akan tumbuh sampai 10 juta unit pada 2025, termasuk 1 juta unit untuk pasar ekspor dan 2 juta unit berupa sepeda motor listrik," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini