Share

Serius Garap Pasar Motor di Indonesia, Lambretta Siap Bangun Pabrik

Medikantyo, Okezone · Kamis 28 November 2019 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 28 53 2135696 serius-garap-pasar-motor-di-indonesia-lambretta-siap-bangun-pabrik-mW1vD9jwDV.jpg Unit motor skuter Lambretta V125 Special saat mejeng di kawasan Ampera, Jakarta Selatan (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

JAKARTA - Dengan mulai menjajakkan kaki di Indonesia melalui PT Skuter Motor Indonesia (SMI), Lambretta turut mencanangkan rencana membuat fasilitas perakitan. Langkah tersebut disiapkan untuk memenuhi permintaan unit dari konsumen di pasar Indonesia maupun negara tujuan ekspor.

Wacana tersebut muncul melihat pertumbuhan penjualan sepeda motor jenis skutik dalam pasar otomotif kendaraan roda dua di Indonesia. Selain untuk memenuhi permintaan konsumen dari dalam negeri, Lambretta membayangkan fasilitas produksinya bisa mencakup pangsa pasar di negara tujuan ekspor.

 Lambretta

Dengan memiliki fasilitas tersebut, Lambretta juga ingin membuktikan komitmennya hadir di pasar kendaraan roda dua Tanah Air dalam jangka panjang. "Searah dengan Lambretta, kita tidak hanya mau mendatangkan barang dan jualan. Tetapi ingin juga menanankan investasi," ujar CEO PT Brum Brum, sebagai perusahaan induk SMI di Indonesia, Ade Sulistioputra.

Perencanaan fasilitas perakitan di Indonesia tersebut, juga didukung oleh catatan sejarah bahwa produsen asal Italia itu punya riwayat serupa. "Pihak prinsipal sudah melihat potensi Indonesia sebagai basis produksinya. Kami akan melakukan penjajakan setidaknya dalam waktu setahun ke depan," ujar Ade kepada awak media.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lambretta menilai komitmen membuat fasilitas perakitan diharapkan memenuhi keinginan berbagai pihak, termasuk Kementerian Perindustrian. Seiring dengan keinginan pemerintah mendorong produsen untuk menggarap potensi pengiriman produk ke pasar ekspor. Namun, Ade enggan menyebut besaran investasi Lambretta sampai saat ini.

Sejak membuka penjualan dalam pameran IIMS 2019 lalu, Lambretta menyebut sudah mendistrbusikan lebih dari 100 unit motor kepada konsumen. Namun, keseluruhan unit tersebut masih didatangkan dari fasilitas perakitan di Vietnam. "Hal seperti ini yang membuat kami berpikir adanya fasilitas perakitan di Indonesia menjadi penting. Kalau bisa sampai ekspor pun kenapa tidak," kata Ade.

 Lambretta

Sementara ini, Lambretta masih akan menjalankan rencana jangka pendeknya dalam memperluas fasilitas penjualan di berbagai daerah. Setelah membuka diler pertamanya di Jakarta beberapa waktu lalu, SMI menargetkan akan membuka 10 jaringan penjualan di berbagai wilayah pada 2020 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini