Share

Kebiasan Tarik Gas & Rem Secara Bersamaan di Motor Matik Bisa Rusak Roller

Nizar, Okezone · Minggu 24 November 2019 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 24 53 2133814 kebiasan-tarik-gas-rem-secara-bersamaan-di-motor-matik-bisa-rusak-roller-u39qTBuvvy.jpg Ilustrasi gas dan tuas rem sepeda motor (foto: Okezone)

JAKARTA - Motor matic adalah motor yang banyak diminati oleh kebanyakan orang di Indonesia karena ke praktisannya. Motor yang menggunakan Countinously Variable Transmission (CVT) ini dinilai praktis karena tidak harus mengoper gigi ketika berkendara. Namun, banyak pengendara yang salah saat mengendarainya seperti menarik gas sambil menekan rem. Hal ini tentunya mempunyai dampak bagi CVT motor tersebut.

Menurut Efendi dari bengkel Ramayana AHASS Motor mengatakan bahwa jika hal tersebut sering dilakukan kampas kopling dari motor tersebut akan cepat habis dan roller bisa peyang, tentunya jika hal ini terus dibiarkan nantinya performa motor akan bekerja secara tidak maksimal dan mesin akan terdengan lebih kasar.

 Mesin motor matik

“Kalau terus dilakukan (mengegas sambil mengerem) nantinya mangkok akan terus bergesekan yang akibatnya jadi kampas kopling cepat habis dan roller juga bisa ikut peyang,” jelas Efendi.

 Gas Motor

Beliau juga menjelaskan bahwasannya jika sering terjadinya gesekan akan membuat mangkuk kampas kopling akan penyok serta cepat panas dan parahnya bisa timbul percikan api karena kampas kopling hanya mengalami gesekan tanpa adanya gigitan yang sempurna.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Idealnya kampas kopling dicek secara berkala minimal 4 bulan sekali atau di 8.000 km. Hal ini tentunya bisa lebih cepat jika cara berkendara si pemilik motor yang tidak sesuai seperti mengegas sambil mengerem.

 rem motor

“Dari segi harga, untuk penggantian kampas kopling dikenakan biaya sebesar Rp135 ribu dan jika mangkuk kampas koplingnya penyok akibat terjadinya gesekan tersebut dikenakan biaya Rp450 ribu,” ujarnya.

Beliau menambahkan bahwa, bagi pengendara motor matic berkendaralah secara konsisten dan sewajarnya. Jika ingin mengegas, maka tarik gas tanpa menarik rem begitu pula sebaliknya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini