Share

Mitos atau Fakta Kunci Setang ke Kanan Lebih Aman, Simak Penjelasannya

Medikantyo, Okezone · Senin 21 Oktober 2019 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 21 53 2119705 mitos-atau-fakta-kunci-setang-ke-kanan-lebih-aman-simak-penjelasannya-xAJbtGgp2L.jpg Ilustrasi pengendara mengunci setang sepeda motor menghadap ke kanan (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Beredar anggapan di masyarakat bahwa dalam mengamankan kendaraan roda dua saat diparkir lebih aman dengan mengunci setang ke kanan. Langkah ini diharapkan dapat mencegah aksi pelaku pencurian kendaraan bermotor.

Preferensi masyarakat tersebut mengundang tanggapan dari PT Astra Honda Motor (AHM). "Sudah lama memang motor Honda yang beredar di Indonesia dapat dikunci setang menghadap kiri maupun kanan," ujar Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno.

 Honda

Secara teknis rupanya tindakan tersebut tidak berpengaruh banyak pada pencegahan pencurian sepeda motor Honda. Hanya, mengarahkan setang ke kanan saat mengunci kendaraan bermotor di tempat parkir hanya akan menyulitkan pencuri dari sisi momentum.

Terlebih karena posisi lubang kunci motor jenis skuter matik (skutik) atau cub berada di sisi kanan bagian bawah motor. "Cara kerja maupun sistem penguncian sama saja. Jadi keleluasaan pencuri saja yang jadi agak lama membongkar kunci motor," kata Endro.

 Sepeda Motor

Anggapan mengarahkan setang motor ke arah kanan saat dikunci pun jelas tidak berpengaruh pada motor keluaran Honda dengan posisi lubang kunci berbeda. "Secara prinsip sebenarnya bebas mau menghadap kiri atau kanan, cuma hal ini tidak berlaku dengan motor yang lubang kuncinya di atas," ujar Endro saat ditemui di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini