Share

Tak Hanya Presiden, Wakil Presiden Juga Akan Gunakan Mobil Dinas Berspesifikasi Canggih

Medikantyo, Okezone · Sabtu 19 Oktober 2019 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 19 52 2119103 tak-hanya-presiden-wakil-presiden-juga-akan-gunakan-mobil-dinas-berspesifikasi-canggih-7rLUYoVtwb.jpeg Wakil Presiden Jusuf Kalla saat datang menjenguk Menko Polhukam Wiranto di RSPAD Gatot Subroto dengan kendaraan dinas RI 2 (Foto: Okezone.com/Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Kendaraan kepresidenan baru juga diperoleh Wakil Presiden Republik Indonesia setelah pelantikannya pada 20 Oktober 2019 mendatang. Kendaraan model Mercedes Benz s600 Guard tersebut dipesan sepaket dengan mobil baru milik Presiden Republik Indonesia berdasarkan pengumuman pengadaan pada Agustus 2019 lalu.

Kendraan ini nantinya akan menyandang pelat nomor Indonesia 2 atau RI 2 dalam tugasnya menunjang kegiatan maupun tugas kenegaraan Wakil Presiden Indonesia nanti. Menurut keterangan Mercedes-Benz Distribution Indonesia selaku penyedia kendaraan tersebut, unit mobil baru akan datang tahun depan.

 Mobil Presiden

Mobil tersebut merupakan pembaruan dari Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang sudah bertugas sebagai kendaraan dinas Presiden dan Wakil Presiden selama 10 tahun terakhir. "Keluaran 2019 bukan 2018," kata Deputy Director Sales Operation MBC Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto.

Secara spesifikasi mobil ini diperkirakan mendapat peningkatan dibandingkan edisi terdahulunya. Meski, pihak Mercedes-Benz Distribution Indonesia enggan membeberkan lebih jauh kepada Okezone Otomotif. "Untuk ini terkait dengan kerahasiaan maka tidak dapat kami berikan spesifikasinya," ujar Kariyanto beberapa waktu lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Tingkat perlindungan keamanan mobil Mercedes Benz S600 Guard terbaru menurut berbagai sumber, diklaim mendapat sertifikat VR10 atau tertinggi untuk sebuah kendaraan terlindung non-militer. Sedangkan bocoran informasi tipe mesin kendaraan itu berasal dari rilis dalam laman resmi Daimler.

Mesin yang dikembangkan bersama Maybach ini bertipe B6/B7 V12 biturbo dengan kapasitas 5.5 L, dengan kekuatan hingga 517 Hp dan torsi mencapai 830 Nm. Tenaga yang dihasilkan didukung dengan penguatan komponen suspensi serta kerangka bodi juga kaliper rem khusus menghasilkan performa andal untuk mengamankan Kepala Negara dalam situasi darurat.

 Mobil Presiden

Fitur keamanan yang menyertai kendaraan tersebut juga termasuk kemampuan ban Michelin PAX yang mampu menopang kendaraan saat kehilangan tekanan sepenuhnya. Bahkan, mobil ini mampu menahan serangan peluru senjata serang ringan serta ledakan bahan sekelas granat tangan, mobil ini pun dilengkapi sistem pemadam api dalam kendaraan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini