Share

Andalkan Perangkat Turbo, Tenaga Mesin Hyundai Sonata Tembus 500 HP

Ardimo Harsa, Okezone · Minggu 13 Oktober 2019 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 13 312 2116337 andalkan-perangkat-turbo-tenaga-mesin-hyundai-sonata-tembus-500-hp-JKWHrRMT6z.jpg Hyundai Sonata modifikasi mesin (foto: Ist)

ALABAMA – Seorang pria di Alabama, Amerika Serikat boleh dianggap sebagai pemilik Hyundai Sonata terkencang di dunia. Pasalnya, pria ini memiliki Hyundai Sonata bertenaga 500 Hp. Yang mengejutkan, ia tak melakukan banyak ubahan ekstrem di jeroan mesin mobil ini untuk menghasilkan tenaga besar tersebut.

Walaupun mobil ini telah berjalan sejauh 260 ribu km dan hampir tidak ada part aftermarket untuk modifikasi mesin mobil ini, ternyata Travis, pemilik dari bengkel Hurst Built yang berlokasi di Hunstville, Alabama ini mengaku tak kesulitan untuk memodifikasi Sonata buatan 2004 ini.

 Hyundai Sonata

Alasannya adalah mesin yang digunakan Hyundai Sonata yaitu mesin 4 silinder berkapasitas 2.4 liter berkode G4JS memiliki basis dari mesin Mitsubishi 4G64. Mesin ini sendiri masih memiliki berbagai kesamaan dengan mesin legendaris 4G63T yang digunakan di mobil Mitsubishi Lancer Evolution dan beberapa mobil Mitsubishi lain. Perbedaan utama dari ke dua mesin ini terletak di jumlah camshaftnya. Jika 4G64 hanya memiliki 1 camshaft, mesin buatan Hyundai punya 2.

 Modifikasi Hyundai Sonata

Persamaan antara ke dua mesin ini membuat Travis dengan mudah menambah tenaga mobilnya dengan bantuan turbo. Ia memasangkan turbo bertipe Precision 6266 dengan boost sebesar 2 bar. Ubahan lain dilakukan di mana ia memasangkan exhaust manifold dan injektor yang dibuat untuk Lancer Evolution ke mobil ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Untuk mengakomodir tenaga besar itu, ia juga mengganti kopling bawaan dengan kopling dari Spec bertipe Stage 5. Tak lupa ia mengganti ECU bawaan dengan ECU dari mobil Eagle Talon miliknya yang telah dimodifikasi hingga mencapai tenaga 715 dk.

Selain bagian-bagian tersebut, praktis tak ada bagian mesin lain yang diganti termasuk transmisi. Di bagian eksterior, Travis hanya mengganti ban depan dengan ukuran lebih besar serta melepas bumper untuk memberi ruang bagi intercooler besar di depan.

 Modifikasi Hyundai

Dengan jeroan mesin yang belum mengalami ubahan dan umur mesin yang telah menginjak 15 tahun, mobil ini masih mampu mencatatkan angka 500 dk ketika melakukan uji dyno. Travis bahkan telah membawa mobil ini sejauh 1609 km tanpa ada masalah.

Travis nampaknya belum puas dengan tenaga 500 dk tersebut. Ia masih berencana akan melakukan modifikasi lain seperti melakukan tuning agar mobil ini bisa meminum bensin E85 dan memasang cam aftermarket untuk menambah tenaga hingga 600 dk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini