Share

Perbedaan Ini Jadi Alasan Daihatsu Terios Tak Ikut Kena Recall

Medikantyo, Okezone · Selasa 16 Juli 2019 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 16 52 2079490 beda-komponen-dengan-toyota-rush-daihatsu-terios-terhindar-dari-recall-oVQ44nw8WO.jpg Daihatsu Terios (foto: Okezone)

JAKARTA - Isu penarikan 60 ribu unit Toyota Rush akibat masalah pada perangkat airbag, berdampak timbulnya pertanyaan nasib produk satu pabrikannya Daihatsu Terios. Namun, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, menegaskan tidak ada rencana menarik produk SUV Daihatsu itu.

Amelia menyampaikan hal tersebut ketika dihubungi oleh Okezone Otomotif pada Selasa (16/7/2019). "Tidak ada recall untuk Terios," ucapnya secara singkat terkait isu ini. Jawaban tersebut meredakan kecemasan terkait potensi adanya masalah komponen serupa pada Daihatsu Terios.

 

Daihatsu Terios sendiri memiliki perbedaan mendasar pada komponen airbag dibandingkan dengan Toyota Rush meski menggunakan platform produksi serupa. Termasuk pada komponen airbag dalam bagian pilar jendela. "Terios tidak memiliki curtain airbag," ujar Amelia menjelaskan.

Fitur keamanan pengendara di Daihatsu Terios tersebut diketahui hanya berada pada bagian depan. Hal itu jelas berbeda dengan Toyota Rush yang turut menempatkan fitur airbag pada sisi samping kendaraan. Sementara, kerusakan airbag pada Toyota Rush disebabkan kegagalan pengaturan pengembangan komponen itu.

 

Toyota Astra Motor (TAM) menawarkan penggantian kepada konsumen pengguna Rush produksi 2017 hingga 2019. Mereka menyebut fokus perbaikan terletak pada ECU airbag yang mungkin gagal mengembangkan airbag pada pilar A dan C. Konsumen bisa mengantarkan kendaraan mereka ke diler terdekat dan tidak dikenakan biaya atas perbaikan itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini