Share

Perbarui Transmisi Manual, Volkswagen Yakin Lebih Ramah Lingkungan

Medikantyo, Okezone · Selasa 16 Juli 2019 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 16 52 2079433 perbarui-transmisi-manual-volkswagen-yakin-lebih-ramah-lingkungan-KHC3OCn5Qh.jpg Ilustrasi VW Passat (Foto: Ist)

BERLIN - Upaya untuk menjadikan kendaraan lebih ramah lingkungan tidak selalu berhubungan dengan elektrifikasi. Volkswagen secara resmi mengumumkan pengembangan komponen transmisi manual terbaru yang lebih efisien bagi kendaraan buatan mereka. Keputusan ini terbilang penting mengingat masih banyaknya pengguna kendaraan bertransmisi manual.

Komponen anyar yang berlabel MQ281 itu diharapkan dapat berpengaruh pada kinerja mesin, untuk mengurangi tingkat emisi dan efisiensi penggunaan bahan bakar. Dilansir dari Autoexpress, komponen ini akan pertama kali digunakan pada model Passat yang tengah mendapat pembaruan. Pemasangan komponen ini bisa berlanjut pada model Golf hingga Tiguan.

 Perakitan mobil

Alasan utama penempatan komponen baru ini di berbagai model Volkswagen adalah kemampuannya mengatasi puncak torsi berbeda mulai 200 hingga 340 Nm. Cakupan tersebut memadai untuk mobil bermesin 1 L TSI sampai tipe diesel TDI 2 L. Bahkan, terdapat kemungkinan komponen ini sesuai untuk diterapkan pada model SUV dengan tapak roda lebih besar.

Pengurangan gesekan internal yang biasa terjadi pada komponen transmisi manual, menjadi kunci adanya efisiensi dalam penggunaan komponen ini. Hal itu berdampak pada penurunan kadar gas buang kendaraan tersebut, Volkswagen mengklaim terjadi pengurangan emisi CO2 hingga 5g/km dalam penggunaan komponen ini.

 

Seluruh pembuatan komponen transmisi ini akan dilakukan pada pabrik Volkswagen yang terletak di Argentina dan Spanyol. Setelah diterapkan pada model Volkswagen Passat terbaru, kemungkinan penempatan pada varian lainnya akan diupayakan oleh perusahaan yang berdiri sejak 1937 itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini