Share

Uji Ketangguhan, Mobil Listrik Tiongkok Tempuh Jalur Sutra Sejauh 14 Ribu Kilometer

Medikantyo, Okezone · Kamis 11 Juli 2019 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 11 52 2077766 uji-ketangguhan-mobil-listrik-tiongkok-tempuh-jalur-sutra-sejauh-14-ribu-kilometer-2zXL03KNsd.jpg Penampilan Aiway U5 (Foto: Ist)

SHANGHAI- Pabrikan mobil listrik asal Tiongkok, Aiway, mempunyai tantangan ketangguhan bagi produknya, U5. Mereka ingin membawa model Aiway U5 menempuh jarak 14.231 kilometer melalui jalur sutra. Hal tersebut sebagai simbol inisiasi pemasaran Aiway U5 di Eropa.

Model kendaraan SUV tersebut akan menjadi mobil listrik pertama buatan Tiongkok yang diperkenalkan untuk pasar Eropa. Jarak tempuh Aiway U5 sendiri dalam sekali pemakaian baterai diklaim dapat mencapai 460 kilometer. Pembeli di Eropa akan mendapat unit U5 mulai April 2020 nanti.

 Mobil Listrik U5

Nantinya selama perjalanan, model U5 akan dikendarai dalam kondisi jalan dan cuaca yang berbeda. Kendala lain bisa ditemui saat paket baterai mobil tersebut membutuhkan pengisian daya di negara lain. Terlebih, dengan kondisi fasilitas yang berbeda dengan stasiun pengisian daya di Tiongkok.

Rencananya perjalanan tersebut akan berawal di Xi'an, Tiongkok pada pertengahan Juli ini. Pemilihan kota itu dikarenakan sejarahnya sebagai titik mula jalur sutra sekaligus sempat menjadi basis perdagangan antar negara di wilayah Asia Timur.

 

Aiway sendiri menempatkan basis pabrik mobil listrik mereka di wilayah Jiangxi. Produsen tersebut memiliki kapasitas produksi sebanyak 150 ribu kendaraan per tahun. Bahkan, terdapat wacana untuk menggandakan kapasitas produksi itu dengan modal investasi sekitar Rp26,7 triliun.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini