Share

Solar Panel Jadi Solusi Pengisian Mobil Listrik, Ini Penjelasannya

Mufrod, Okezone · Selasa 09 Juli 2019 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 09 52 2076552 solar-panel-jadi-solusi-pengisian-mobil-listrik-ini-penjelasannya-H0ikTBI4JJ.jpg Toyota Prius Panel Surya (foto: Carscoops)

TOKYO - Produsen Toyota tengah melakukan pengujian perangkat solar panel yang akan terintegrasi pada kendaraan elektrifikasi maupun hybridnya. Penggunaan panel surya dimaksudkan untuk meminimalisir waktu pengisian baterai menggunakan charging.

Solusi dari permasalahan tersebut, kini banyak produsen yang diperkirakan akan memanfaatkan panel surya sebagai basis pengisian tenaga listrik pada baterai mobil. Mengingat secara fungsi panel surya hanya membutuhkan sinar matahari yang kemudian dikonvesi menjadi energi listrik yang dibutuhkan sebagai pengisian baterai.

Guna mendukung sistem pengisian yang ideal, produsen Toyota bahkan telah mulai melakukan uji jalan teknologi panel surya pada model Prius. Pengujian dilakukan di Jepang menggunakan model Prius PHV, yang diklaim memiliki sistem pengisian tenaga baterai cepat namun efisiensi tinggi.

 

Dalam uji coba teknologi tersebut Toyota menggandeng Sharp Corporation dan Organisasi Pengembangan Teknologi Industri dan Energi Baru (NEDO) di negara itu. Sebagai bagian dari program, Sharp akan memasok panel baterai surya onboard menggunakan sel efisiensi tinggi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pengembangan dan pengujian penggunaan panel surya sendiri menurut Toyota bertujuan untuk menilai efektivitas peningkatan jarak jelajah dan efisiensi bahan bakar kendaraan berlistrik yang dilengkapi dengan baterai solar efisiensi tinggi." Toyota memasang panel surya yang disediakan oleh Sharp di atap, kap, pintu palka belakang , dan bagian lain dari Prius PHV untuk menghasilkan mobil demo untuk uji coba jalan umum.

 

Dibandingkan dengan Prius PHV yang sudah tersedia dengan sistem atap pengisian tenaga surya, mobil demo lebih unggul dalam segala hal. Pada 860 W, output pembangkitan daya pengenal adalah 4,8 kali lebih besar dan efisiensi konversi sel baterai surya melebihi 34 persen (dibandingkan 22,5 persen). Yang paling penting, mobil demo menggunakan sistem yang mengisi baterai mengemudi baik saat mobil diparkir dan saat bepergian.

Pengembangan ini diharapkan mengarah pada "peningkatan yang cukup besar dalam jelajah bertenaga listrik dan efisiensi bahan bakar." Lebih khusus, Toyota mengklaim muatan maksimum harian kendaraan eksperimental untuk baterai sementara kendaraan yang diparkir setara dengan rentang mengemudi 44,5 km ( 27,6 mil), dibandingkan dengan mobil produksi 6,1 km (3,8 mil).

 

Segalanya menjadi lebih baik ketika mobil bergerak, karena muatan maksimum harian dan catu daya untuk mengemudi dan baterai tambahan mencapai kisaran mengemudi 56,3 km (35 mil). Sistem pengisian tenaga surya Prius PHV produksi hanya memasok daya saat bergerak ke baterai tambahan, yang mendukung navigasi dan sistem lainnya.

Toyota akan melakukan uji coba di bawah berbagai kondisi mengemudi di Toyota City, Tokyo, dan area lain di tanah kelahirannya. Tujuannya adalah untuk menggunakan data yang dihasilkan untuk pengembangan sistem pengisian tenaga surya onboard.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini