Share

Pemudik Diserang Microsleep, Ini Cara Tidur Ideal 15 Menit

Mufrod, Okezone · Selasa 21 Mei 2019 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 21 15 2058334 pemudik-diserang-microsleep-ini-cara-tidur-ideal-15-menit-VhuozD1bWP.jpg Ilustrasi pengemudi kantuk saat berkendara (foto: Ist)

JAKARTA - Menempuh perjalanan mudik di musim jelang hari raya, jarak tempuh memang tak berubah, namun titik macet yang dilalui membuat perjalanan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Kondisi lelah menjadi musuh bagi pengemudi terhadap terjadinya microsleep.

Bagi pengemudi yang telah mengalami microsleep baiknya langsung melakukan istirahat dengan tidur berkualitas. Salah satu cara untuk melakukan tidur berkualitas perlu melakukan beberapa tahap untuk bisa mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih segar.

 

Menurut Jusri Pulubuhu, head of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), sangat penting bagi pengemudi mengembalikan tenaga dan stamina selama melakukan perjalanan mudik, salah satunya dengan istirahat berkualitas selama 15 menit.

"Untuk mendapatkan tidur berkualitas selama 15 menit, saat akan istirahat, kita harus terhindar dari noise suara dan cahaya," ujar Jusri saat dihubungi Okezone, beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, agar terhindar dengan gangguan suara dan cahaya, telinga perlu disumbat menggunakan silicon ear plug dan masker penutup mata. Hal terpenting yakni cari lokasi untuk istirahat yang cukup nyaman dan seluruh badan bisa dalam posisi lurus saat tidur. Kualitas cara seperti ini bisa langsung menghilangkan gejala microsleep yang telah dialami pemudik dan tubuh kembali segar mengemudi.

 

"Dengan istirahat berkualitas ini, stamina dan tenaga akan cepat kembali secara maksimal serta pemudik bisa melanjutkan perjalanan dengan konsentrasi penuh agar selamat di jalan," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini