Share

Kenali Bahaya Microsleep saat Mengemudi Selama Arus Mudik

Mufrod, Okezone · Senin 20 Mei 2019 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 20 15 2057831 kenali-bahaya-microsleep-saat-mengemudi-selama-arus-mudik-9qADLD9hWp.jpg Ilustrasi mengantik saat mengemudi (foto: ist)

JAKARTA - Pemudik menggunakan mobil pribadi tahun ini diperkirakan tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yang mencapai 5,8 juta pemudik. Ditengah banyaknya kendaraan selama arus mudik, sering terjadi kemacetan yang harus dilalui pengemudi selama berjam-jam di jalan raya. Kondisi lelah selama perjalanan tentu berisiko bahaya terjadinya microsleep.

Salah satu bahaya yang mengintai namun tak banyak disadari pengemudi selama menempuh perjalanan mudik yakni Microsleep, dimana dalam kondisi lelah, banyak pengemudi yang memaksakan diri terus berkendara untuk mengejar waktu mencapai tempat tujuan. Dalam kondisi tanpa sadar, microsleep sering menyerang pengemudi secara tiba-tiba.

Lelahnya fisik tubuh, dan dipaksakan mengemudi, terkadang membuat pengemudi memejamkan mata dalam beberapa detik. Bahkan adapula yang tertidur saat mengemudi, yang mengakibatkan mobil pindah jalur tanpa disadari. Kondisi itulah yang membuat risiko kecelakaan terjadi akibat microsleep.

 Perjalanan Mudik

Panjangnya jalur tol yang menghubungkan beberapa kota di Jawa Barat hingga Jawa Tengah, membuat pengemudi terlena dan terbuai dengan kondisi jalan monoton yag panjang tersebut sering membuat pengendara yang lelah, justru tertidur dalam beberapa detik.

Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia memberikan beberapa tips terhindar dari microsleep.

Pertama, selama mengemudi cobalah perhatikan respons tubuh. Apakah pernah melakukan kesalahan kecil seperti salah menyalakan lampu sein atau sulit menjaga mobil tetap berada di jalurnya?

Berkaitan dengan kondisi fisik, amati pula apakah kepala dan kelopak mata terasa berat? Atau bahkan kerap menguap dengan durasi yang cukup panjang dan kepala mengangguk tanpa sengaja. Kalau sudah begini, daya refleks menurun drastis dan koordinasi antaranggota tubuh ikut melemah. Anda jadi ragu dan sulit mengantisipasi potensi masalah yang terjadi di depan mata.

 Kecelakaan saat mudik

Kedua, Tingkatkan kewaspadaan saat memasuki jam kritis atau saat Anda telah mengemudi selama hampir 3 jam. Apalagi bila di jalan sering terkena macet yang cukup menguras stamina. Segera berhenti mengemudi, mintalah rekan atau keluarga menggantikan Anda, dan beristirahatlah.

Ketiga, bagaimana bila Anda merasa sudah sangat lelah dan menghindari microsleep, sementara tidak ada driver pengganti? Jalan terbaik satu-satunya adalah berhenti dan beristirahat tidur. Rentang waktu sekitar 30 menit sudah cukup asal tidur Anda pulas. Rest area bisa jadi pilihan lokasi terbaik saat Anda melaju di jalan tol.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini