Share

Kenali Risiko Berkendara di Jalan Licin saat Musim Hujan Tiba

Mufrod, Okezone · Minggu 17 Maret 2019 12:08 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 17 15 2031100 kenali-risiko-berkendara-di-jalan-licin-saat-musim-hujan-tiba-8v0oRllIpR.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Kondisi hujan yang tengah terjadi saat ini tak urung membuat jalan basah, kondisi tersebut tentu karkter jalan menjadi licin yang tentunya mengurangi traksi ban ke jalan. Tak jarang kecelakaan pun terjadi dialami pengendara sepeda motor.

Dalam kondisi jalan basah dan licin diperlukan teknis berkendara dan perhitungan jarak antara kendaraan secara cermat. Hal tersebut bertujuan meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan saat kondisi jalan basah.

 sd

Safety and Defensive Driving Consultant Indonesia (SDCI), Doddy Setiadi YP, membagikan beberapa tips diantara jaga jarak aman dengan kendaraan lain. Jika jarak pengendara aman dengan kendaraan di depannya, kondisi rem mendadak tidak akan terjadi, namun jika jarak tidak aman pengendara berisiko terhadap kecelakaan.

"Jarak aman antara pengendara satu dan lainnya satu meter, memungkinkan ruang Yang cukup untuk menghentikan laju kendaraan, namun jika ruang laju kecil ada risiko tabrakan ataupun kendaraan jatuh karena kondisi jalan licin," kata Doddy seperti dikutip inews.id, minggu (17/3/2019).

Jalan yang licin dengan jarak antara kendaraan yang tidak aman, merupakan perpaduan tidak ideal, Karena banyak pengendara kurang memperhatikan kondisi jarak aman saat jalan dalam keadaan basah. Hal ini pula yang sering membuat banyak pengendara tergelincir di atas permukaan aspal karena memaksa laju kendaraan berhenti dengan jarak dekat dari pengendara lainnya.

"Disarankan saat melintasi jalan basah kecepatan kendaraan maksimal 30 hingga 40 km/jam, dan waspada dengan lubang di jalan. Tak sedikit kasus kecelakaan karena memaksakan menerobos genangan air," kata Doddy.

sd

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini