Share

Mengenal Motor Listrik Pertama Harley Davidson

Mufrod, Okezone · Senin 11 Maret 2019 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 11 15 2028332 mengenal-motor-listrik-pertama-harley-davidson-kIoAJuBIiA.jpg Motor Listrik Harley Davidson (Foto: Motopinas)

JAKARTA - Produsen Harley Davidson saat ini memang tengah mengembangkan motor gede (Moge) bertenaga listrik, sebagai langkah mengikuti trend kebutuhan pasar industri automotif global.

Namun seperti diketahui produsen motor terkenal dunia yang bermarkas di Milwaukee ini, pernah memiliki model motor listrik yang diluncurkan pertama pada 1978.

 

Motor listrik pertama Harley Davidson yakni tipe XLH sportster sebagai basis modelnya. Mesin konvensional V-Twin OHV 900 Cc yang menjadi basis motor tersebut diganti dengan motor listrik Baldor 24 Volt dengan suplai tenaga menggunakan empat baterai.

Dengan kekuatan tersebut, motor listrik pertama Harley Davidson mampu berakselerasi dari 0-80 kilometer per jam dengan kecepatan maksimum 80 kilometer per jam. Kemampuan tersebut terbilang wajar mengingat bobot motor listrik pertama Harley Davidson mencapai 286 kg. Demikian seperti dikutip dar Motopinas, Senin (11/3/2019).

 

Harley-Davidson listrik pertama dibuat oleh Steve Fehr dari Transitron Electronic Corporation di Honolulu, Hawaii. Setelah berinvestasi sekitar 70.000 dolar AS atau setara Rp989 jutaan, Harley-Davidson listrik tersebut dilepas oleh Fehr untuk disimpan di museum tranportasi di Mequon sampai tahun 1999.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini