Share

Awas! Tinggalkan Anak Tidur atau Main Sendiri dalam Mobil Berbahaya

Inews, Jurnalis · Sabtu 26 Mei 2018 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 26 15 1903009 awas-tinggalkan-anak-tidur-atau-main-sendiri-dalam-mobil-berbahaya-uAMuFBb8YF.jpg Anak berada di dalam mobil sendirian berbahaya (Foto: Ist)

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, publik dikejutkan penemuan dua balita tewas akibat terkunci dalam mobil di Purwakarta, Jawa Barat. Diduga korban kehabisan oksigen saat bermain di dalam mobil.

Hal ini menambah deretan kasus anak yang meninggal karena kelalaian orang tua. Menurut National Highway Safety Traffic Administration (NHSTA), sebanyak 1.000 anak-anak meninggal dalam mobil pada 1998 - 2017. Angka ini terus terulang.

Auriemma aktivis organisasi yang meningkatkan kesadaran tentang masalah keselamatan umum seputar anak-anak dan kendaraan melarang keras orangtua meninggalkan anak sendiri dalam mobil.

Dikutip dari ABCnews, Sabtu (25/5/2018), melaporkan Auriemma prihatin atas perilaku orangtua yang masih saja mengabaikan keselamatan anak di dalam mobil. Menurutnya, tidak pernah ada situasi aman untuk meninggalkan seorang anak sendirian di dalam mobil.

Mobil bukan tempat aman. Mobil dapat menimbulkan banyak bahaya bagi anak. Bukan hanya karena sengatan panas, tapi juga hal lain.

"Beberapa negara bahkan sudah memberlakukan undang-undang yang memungkinkan seseorang untuk memecahkan jendela jika mereka melihat anak yang mereka yakini berada dalam bahaya tanpa menghadapi implikasi hukum," ujar Auriemma.

Hal senada juga dikatakan Vice-President dari The Medical Practitioners Coalition Association, Raj Kumar Maharajah. Dia menegaskan perilaku meninggalkan anak tidak diperbolehkan sama sekali. 

"Saat seorang anak berada di kendaraan selama cuaca panas, dia bisa terkena sengatan panas atau kehilangan kontrol suhu tubuh atau rasa lelah yang hebat," katanya.

Sengatan panas yang dikenal dengan istilah heat stroke adalah bentuk paling parah dari luka panas dan keadaan darurat medis. Jika tidak diobati, bisa menyebabkan kerusakan organ yang bisa menyebabkan kematian.

Anak-anak tidak dapat mengatur suhu tubuh, demikian halnya orang dewasa. Mereka rentan mati lemas karena sengatan panas ketika tidak dapat keluar dari mobil yang terlalu panas.

Bahkan dengan jendela terbuka sebagian, suhu di dalam mobil yang terparkir bisa meningkat dengan cepat dalam hitungan menit.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini