Share

3 Tips Aman Berkendara bagi Wanita dari Pebalap Rally Marina

Risna Nur Rahayu, Okezone · Sabtu 21 April 2018 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 21 15 1889642 3-tips-aman-berkendara-bagi-wanita-dari-pebalap-rally-marina-OUZRCfFOSd.jpg Rally Marina di IIMS 2018 (foto: Risna Nur Rahayu/Okezone)

JAKARTA - Urusan mengemudi kebanyakan dilakoni laki-laki, tapi bukan berarti wanita enggak bisa melakukannya. Banyak kok mobil berseliweran di jalan raya, yang ternyata dikemudikan oleh seorang wanita. Bahkan, dunia balapan, wanita juga ikut serta, sebut saja Rally Marina, Diandra Guatama, Clio Clarissa Tjonadi, dan Alexandra Asmasoebrata.

Nah, si manis Rally Marina memberi tips nih untuk para wanita agar aman berkendara. Ini disampaikannya usai menjadi pembicara di acara Datsun Cross di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

1. Jangan Pakai High Heels

High heels sangat tidak disarankan, karena alas kaki berhak membuat kaki tidak 100 persen menapak di pedal. Kondisi ini membuat sensitivitas kaki berkurang, sehingga kalau harus mengerem mendadak, kaki kurang cekatan dalam merespon.

"Jadi pakai saja alas kaki yang permukaannya tipis, seperti kets. Kalau ada apa-apa kaki lebih cepat merespon," kata Rally.

2. Jangan menempatkan high heels di bawah kursi pengemudi

Meski tidak dianjurkan memakai high heel, bukan berarti high heels bisa ditempatkan di bawah pengemudi. Khawatirnya, alas kaki itu dapat bergeser ke area pedal, yang dapat membahayakan keselamatan si pengemudi itu sendiri.

"Jadi setelah tidak boleh dipakai, pindahin aja itu high heels ke kursi belakang. Karena khawatirnya, dia belakang pedal, mobil jadi tidak bisa direm saat kondisi genting," tambahnya.

 

3. Hindari pakai make up saat berkendara

Tampil cantik memang seperti keharusan oleh wanita kebanyakan. Tapi bukan berarti bisa melakukan rias wajah saat berkendara lho. Karena efeknya bahaya. Kecelakaan. Meski wanita dikenal jago multi tasking, tetap saja konsentrasi akan berkurang saat melakukan dua pekerjaan sekaligus.

Itulah tiga tips mengemudi bagi wanita agar aman di jalan. Ladies, yuk hati-hati di jalan.

Baca: Penyuka Mobil Mewah? Ini Daftar BMW dan MINI yang Nangkring di IIMS 2018

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini