Share

5 Fakta Tentang Mobil Hybrid

Abu Sahma Pane, Okezone · Minggu 25 Maret 2018 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 25 15 1877551 5-faktak-tentang-mobil-hybrid-AHanXZqJDM.jpg Foto: Nissan

HARGA bahan bakar minyak dunia terus berfluktuasi membuat banyak pihak harus memutar otak untuk menyesuaikan keadaan tersebut. Jika di Indonesia pemerintah terus berupaya untuk menekan konsumsi bahan bakar bersubsidi, sebenarnya ada cara lain untuk mengatasi gejolak harga bahan bakar dunia.

Salah satunya dengan cara menggunakan mobil hybrid atau hibrida. Apa yang dimaksud dengan mobil hybrid dan apa saja keunggulan yang dimiliki oleh mobil ini?

Mobil Hybrid Memiliki Dua Sumber Daya

Mobil hybrid merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi yang digunakan sebagai sumber tenaganya. Jika pada umumnya mobil hanya memiliki mesin bensin, mobil hibrida memiliki satu sumber mesin lain yakni baterai sebagai sumber tenaganya.

Sumber tenaga ini memang tidak digunakan secara langsung, melainkan mesin bensin yang digunakan sebagai sumber daya utama dan mesin baterai digunakan sebagai salah satu sumber energi cadangan menyesuaikan situasi yang ada.

Bukanlah Satu-satunya Contoh dari Teknologi Hibrida

Teknologi hibrida bukanlah suatu perkembangan teknologi terbaru dan sudah hadir sejak beberapa tahun lalu. Teknologi ini juga sudah pernah dicoba dan digunakan dalam lokomotif, kapal selam, truk penambangan dan lainnya. Mobil adalah penerapan mesin hybrid yang paling sering ditemukan.

[Baca Juga: Tutorial Membersihkan Jok Mobil, Mudah dan Cepat]

Alternatif Kendaraan yang Sangat Baik

Bagi sebagian besar orang, mobil hybrid kini telah menjadi alternatif kendaraan yang sangat baik dibandingkan dengan kendaraan konvensional lainnya karena dapat menghemat bensin lebih lama.

Banyak mobil hybrid yang kini memiliki efisiensi bensin dua kali lipat daripada mobil konvensional sehingga dapat memberikan penghematan biaya yang lebih banyak bagi para penggunanya. Tidak hanya itu, kini sudah banyak pula para montir yang sudah terlatih untuk merawat dan memperbaiki mesin-mesin pada mobil hybrid dan juga memiliki biaya yang murah.

Manfaat Mobil Bertenaga Hybrid

Selain diketahui dapat mengurangi polusi hingga sebesar 90%, mobil hybrid juga diketahui memiliki biaya perawatan yang lebih murah karena biaya perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mobil konvensional.

Meskipun memiliki harga baterai yang lebih mahal, masa hidup dari baterai tersebut memiliki garansi yang dapat bertahan hingga seumur hidup. Sehingga jika Anda ingin menjadikan mobil ini sebagai investasi, harga penjualannya tidak banyak berubah.

Mobil hybrid juga memiliki suara yang hampir sama sekali terdengar dan juga sangat nyaman dikendarai. Bahkan ketika Anda sedang terjebak macet, maka mesin akan secara otomatis mati dan mobil akan dijalankan menggunakan energi baterai yang sudah disimpan. Demikian dikutip dari laman resmi Nissan, Minggu (25/3/2018).

[Baca Juga: Tutorial Membersihkan Jok Mobil, Mudah dan Cepat]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini