Share

11.400 Mobil BMW Diduga Terlibat Skandal Uji Emisi

Abu Sahma Pane, Okezone · Sabtu 24 Maret 2018 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 24 15 1877333 11-400-mobil-bmw-diduga-terlibat-skandal-uji-emisi-r2Grislt5M.jpg Kantor BMW di Jerman. Foto: Daily

BELUM tuntas kasus skandal uji polusi udara Dieselgate oleh Volkswagen Group, sekarang kasus lain muncul, serta dari produsen otomotif Jerman.

Pihak berwenang telah menyerbu markas besar BMW di Munich dan pabrik mesinnya di Austria sebagai salah satu investigasi atas dugaan bahwa merek tersebut menggunakan perangkat lunak untuk menipu pengujian emisi kendaraan.

Menurut pihak berwenang, total 11.400 BMW 750d dan BMW M550d terlibat dalam masalah ini. "Ada kecurigaan awal bahwa BMW telah menggunakan perangkat transformator sehubungan dengan peralatan uji," kata jaksa dalam laporan BBC.

Dugaan ini muncul setelah hasil bacaan CO2 yang dinyatakan dalam tes baru Worldwide Harmonised Light Kendaraan Test Procedure (WLTP) model-model terkait jauh berbeda dari tes Siklus Pemanduan Eropa Baharu (NEDC) yang digunakan sebelumnya.

[Baca Juga: Usut Skandal Dieselgate, Kantor dan Pabrik BMW Digeledah Polisi]

Pernyataan resmi BMW menyatakan bahwa mereka menganggap situasi ini serius dan akan bekerja sama dengan pihak berwenang yang relevan.

"BMW Group akan terus menganggap situasi ini karena kegagalan perangkat lunak dan tidak mewakili upaya yang disengaja untuk memanipulasi emisi gas buang," kata pernyataan itu.

BMW telah menarik 11.700 kendaraan untuk membuat perangkat lunak, tetapi Otoritas Federal Kendaraan Bermotor Jerman (KBA) mengatakan perangkat lunak pada kendaraan yang terkena tidak dihitung sebagai trafo.

"Sebagian besar kendaraan yang terkena dampak awalnya dijual dengan perangkat lunak yang benar dan beroperasi dengan benar selama dua tahun. Perangkat lunak yang salah telah digunakan dalam waktu yang signifikan setelah model-model ini diproduksi, "jelas BMW.

[Baca Juga: Gunakan Monyet untuk Uji Emisi Mobil, Daimler Pecat Manajer]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini