Share

Menjadi Penumpang Daihatsu Sirion Terbaru di Tol dan Jalan Keriting, Begini Rasanya...

Dewi Kania, Okezone · Jum'at 16 Maret 2018 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 16 15 1873850 menjadi-penumpang-daihatsu-sirion-terbaru-di-tol-dan-jalan-keriting-begini-rasanya-PrwjJaBJf7.jpg Foto: Dewi Kania/Okezone

JAKARTA - All New Daihatsu Sirion baru saja diluncurkan pada Februari lalu. Mobil tersebut memiliki tampilan yang jauh lebih stylish dibanding model sebelumnya.

Mobil keluaran PT Astra Daihatsu Motor itu punya beberapa keunggulan dibanding para kompetitor city car lainnya. Okezone berhasil merasakannya ketika mengikuti media test drive, Kamis 15 Maret 2018.

Dari luar terlihat bemper depan Sirion dilengkapi dengan aksen crhome, grille model baru, yang bersanding manis dengan lampu halogen, serta kaca spion dilengkapi dengan LED HMSL. Ada kesan sporty yang menjadi ciri khas city car andalan Daihatsu itu berupa pelek alloy 15" black polished 185/55 R15.

Okezone menumpang mulai dari Sunter-Jakarta Utara, ke kawasan Bumi Serpong Damai (BSD). Perjalanan ditempuh sekira dua jam karena harus berhenti di beberapa titik jeda.

Saat masuk ke dalam mobil, ruang kabin depan dan belakang lebih luas dari model sebelumnya. Kursinya bisa diatur sesuai kenyamanan. Sementara di bagian pintu, terdapat tombol pusat pengunci praktis, tempat penyimpan botol, buku dan majalah. Untuk pengemudi, bisa mengatur posisi setir berdasarkan postur tubuh.

[Baca Juga: Resmi Meluncur, Ini Fitur-Fitur Baru di Daihatsu All New Sirion 2018]

Perjalanan pertama hari itu dimulai dari Vehicle Learning Center Daihatsu di Sunter bmenuju titik jeda berupa Museum Macan di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dalam perjalanan, Okezone melintasi tol yang macet di beberapa titik.

Dengan kondisi itu, perjalanan tentu akan lebih menyenangkan dengan mendengar program radio favorit, lewat audio touch screen 2DIN yang lengkap. Meski kondisi macet dan cuaca panas, mobil ini tetap nyaman karena AC digital meter yang bisa diatur sesuka hati.

Fitur lain dari Sirion terbaru, cukup fleksibel untuk mengisi daya atau baterai handphone, dengan menggunakan USB charger yang tersedia di dua tempat.

Setelah berhenti di Museum Macan, Okezone melanjutkan perjalanan menuju Alam Sutera, BSD yang juga harus melewati tol. Saatnya menekan menekan tombol untuk menyalakan mesinnya. Mesin hidup, masuk gigi, dan melaju dengan mulus tanpa suara bising berarti di jalan. Artinya unit itu cukup kedap.

Di sepanjang jalan, tak hanya tol yang dilewati, namun juga jalur biasa yang membuat Sirion melindas polisi tidur, jalan keriting.. Mobil tersebut tetap nyaman bantingannya, karena menggunakan suspensi depan Mac Pherson Struts dan Torsion Beam di bagian belakangnya. Keduanya dilengkapi dengan coil spring dan stabilizer.

Mesin Sirion mengusung teknologi DUAL VVT-I. Kemudian, berbekal mesin berkapasitas 1.329 cc, yang disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Mobil ini mampu menyemburkan tenaga puncak sebesar 96 ps/6.000 rpm dan Torsi 12,2 kg/4.200 rpm.

Adapun sistem bahan bakarnya berupa electronic full injection. Kapasitas tangkinya mencapai 36 liter tanpa timbal. Oleh sebab itu, mobil ini diklaim irit bahan bakar.

[Baca Juga: Diboyong dari Malaysia, Daihatsu Sirion Meluncur di Indonesia Februari]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini