Share

Toyota Jual 56.267 Mobil di 2018, Avanza Masih Laku

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 06:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 14 15 1872393 toyota-jual-56-267-mobil-di-2018-avanza-masih-laku-dzy01siLwN.jpg Ilustrasi. Foto: Paultan

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatatkan kinerja moncer selama dua bulan pertama 2018. Pabrikan Jepang ini membukukan penjualan wholesale sebesar 27.665 unit di pasar domestik atau naik 8,9% dibandingkan bulan sebelumnya, 25.405 unit.

Kinerja ini tidak hanya memberikan rasa optimistis, tapi juga memperkuat posisi Toyota bertahan sebagai market leader di tengah pasar yang kian kompetitif.

“Munculnya produk-produk baru memberikan pilihan yang kian beragam untuk konsumen sekaligus membuat pasar semakin kompetitif. Ini memberikan angin segar bagi perkembangan pasar otomotif nasional dan akan semakin mendorong pelaku industri otomotif nasional menawarkan yang terbaik kepada konsumen, termasuk Toyota,” kata Vice President PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto di Jakarta.

TAM merupakan Agen Pemegang Merek (APM) dengan rentang produk paling luas, mencapai lebih 20 produk yang mengisi semua segmen pasar otomotif nasional mulai dari sedan, hatchback, MPV, SUV, dan kendaraan komersial lain nya.

Di pasar ritel, total penjualan Toyota pada Februari lalu mencapai 27.772 unit sehingga total penjualan sepanjang dua bulan pertama 2018 sudah mencapai 56.267 unit. Angka itu di antaranya berasal dari penjualan Avanza mencapai 6.451 unit.

Secara nasional total penjualan wholesale dari pabrikan ke dealer hingga Februari 2018 mengalami penurunan signifikan, yaitu sekitar 9% dari 95.865 unit pada Januari menjadi 86.546 unit. Hampir semua brand terlihat mengurangi suplai untuk pasar wholesale di hampir semua segmen, ter masuk segmen low MPV yang merupakan ceruk pasar terbesar. Pada segmen ini Toyota juga mengurangi suplai Avanza sehingga data penjualannya sedikit mengalami penurunan.

Penjualan wholesale Avanza pada Februari tercatat 6.773 unit sehingga total penjualan dalam dua bulan pertama tahun ini mencapai 14.316 unit. “Penurunan suplai wholesale untuk Avanza merupakan bagian dari strategi TAM menjaga keseimbangan suplai dan demand di antara masing-masing produk. Ini kami lakukan agar setiap pelanggan memperoleh total ownership benefit yang sama di semua segmen dan produk,“ kata Henry.

Dia menambahkan, daya serap pasar untuk Avanza stabil sehingga pihaknya optimistis pada Maret ini penjualan akan naik seiring dengan peningkatan suplai ke dealer atau whole sale. Sejak diluncurkan generasi pertama Avanza dipasarkan tahun 2014 lalu, mobil ini terus bertahan sebagai market leader dan mobil terlaris di pasar automotif nasional. Daya tarik Avanza sebagai low MPV mampu menghadapi persaingan yang kian ketat dengan masuknya berbagai model baru dari berbagai brand di segmen yang sama.

[Baca Juga: Toyota-Mazda Patungan Dirikan Pabrik di Alabama, Mau Bikin Mobil Apa?]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Kami bersyukur, pengalaman panjang dalam menerapkan konsep total ownership benefit experience yang dite rapkan Toyota terhadap berbagai produk, berhasil menjaga posisi kinerja Avanza sebagai mobil low MPV yang paling diminati,” kata Henry.

Sementara permintaan terhadap mobil medium SUV New Rush yang dirilis pada November 2017 lalu terus meningkat. Dibandingkan pada periode sama tahun 2017, angka penjualan New Rush dalam dua bulan pertama tahun ini mengalami peningkatan lebih dari 113% atau naik dua kali lipat.

Sejak resmi dipasarkan awal 2018, penjualan New Rush di pasar wholesale sudah mencapai 6.991 unit yang berasal dari penjualan selama Januari se banyak 3.416 unit dan naik menjadi 3.575 unit pada Februari lalu.

Total penjualan Januari-Februai 2018 sudah mencapai 6.991 unit dibandingkan dengan Januari- Februari 2017 tercatat 3.656 unit. “Kami berharap respons positif yang begitu besar terhadap kehadiran New Rush tidak sebatas memperkuat kinerja penjualan TAM, tapi juga dapat memperbesar ceruk pasar medium SUV di pasar automotif nasional,” kata Executive Gene ral Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto.

Tingginya minat pelanggan terhadap New Rush membuat indent menjadi besar. Hal ini menjadikan TAM memberikan alokasi lebih besar pada Rush dibandingkan dengan produk lain dipabrikan yang sama, tapi tetap tidak mengganggu pela yanan terhadap produk Toyota lainnya.

“Untuk Rush, kami berusaha agar Rush dapat cepat terdelivery kepada customer sehingga mereka tidak perlu menunggu lama. Ini menjadikan kami memberikan alokasi lebih besar kepada Rush dibandingkan dengan produk lain di pabrikan yang sama, tapi tetap menjaga agar tidak menggang gu pelayanan terhadap produk Toyota lainnya,” katanya.

[Baca Juga: Toyota Hilux Facelift Tiba di Malaysia, Lengan Depannya Mirip Tacoma AS]

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini