Share

Pasca Skandal Diseselgate VW, Toyota "Bunuh" Mobil Diesel di Eropa

Abu Sahma Pane, Okezone · Kamis 08 Maret 2018 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 08 15 1869476 pasca-skandal-diseselgate-vw-toyota-bunuh-mobil-diesel-di-eropa-k87QwhsH2K.jpg Ilustrasi. Foto: daylife

PENJUALAN Toyota bermesin diesel dikabarkan menurun drastis di Eropa pasca mencuatnya skandal uji emisi Volkswagen (skandal diseselgate VW).

Imbasnya, dikutip dari Carbuzz pada Kamis (8/3/2018), Automotive News Eropa melaporkan bahwa Toyota akan "membunuh" mobil bermesin diesel mereka di Eropa pada akhir tahun ini. Artinya mobil diesel mereka tidak akan dijual lagi di sana.

CEO Toyota Eropa Johan van Zyl mengatakan penjualan mobil diesel mereka sudah berkurang 10 persen.

Faktor lain yang menyebabkan kematian mobil diesel Toyota adalah permintaan pelanggan yang kuat untuk mobil hibrida. Di Eropa, sekitar 41 persen mobil yang terjual adalah model hibrida.

[Baca Juga: Toyota Sunat Produksi Mobil Bermesin Diesel]

Johan menambahkan, menghentikan produksi mobil diesel di Eropa adalah keputusan bisnis yang logis. Menurutnya, percuma terus membuat mobil diesel yang tak ada yang mau mengendarainya. Oleh karena itu saat ini Toyota fokus mengembangkan mobil hibrida.

"Semakin banyak hibrida yang kami jual, semakin baik peluang kami mencapai target," kata Ketua Toyota Eropa Didier Leroy menimpali.

[Baca Juga: Gara-Gara Emisi Mobil Diesel, Pegawai VW Divonis Penjara 40 Bulan]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini