Share

Ingat! Modifikasi Mobil Bukan Hanya Soal Gaya, Perhatikan Ini Agar Aman

Abu Sahma Pane, Okezone · Selasa 06 Maret 2018 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 05 15 1867979 ingat-modifikasi-mobil-bukan-hanya-soal-gaya-perhatikan-ini-agar-aman-FLMoCHy5RN.jpg Foto Ilustrasi: TheWheelSpecialist

JAKARTA - Keinginan untuk memodifikasi mobil, umum dilakukan oleh semua pemiliknya. Pastinya dengan alasan bosan terhadap tampilan mobil yang standar. Apalagi anak muda yang selalu mencari tahu tentang modifikasi mobil terbaru.

Walaupun mobil memiliki empat roda yang jauh lebih aman dari motor, namun dalam memodifikasi juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan asal melakukan modifikasi tapi ternyata berbahaya untuk digunakan.

Memodifikasi mobil erat hubunganya dengan aksesoris atau part aftermarket. Boleh saja bila digunakan, namun harus dilihat juga efek negatifnya. Agar terhindar, berikut hang mesti diperhatikan:

Kaca film

Kaca film menjadi kebutuhan semua mobil, fungsinya selain untuk meredam sinar matahari yang masuk ke dalam kabin, juga untuk mendongkrak tampilan mobil. Sayangnya, banyak orang yang masih belum mengerti intensitas kaca film yang baik dan aman digunakan. kebanyakan masih asal pasang agar terlihat lebih gelap.

Kondisi inilah yang menjadi masalah karena bila gelapnya dari dalam otomatis akan mempengaruhi pengelihatan ketika berkendara di malam hari. Jarak pandang yang minim berpotensi menimbulkan rIsiko yang cukup besar.

Ban dan Pelek

Mengganti ban dan pelek menjadi rutinitas yang umum dilakukan sebagai langkah awal merubah tampilan mobil. Sayangnya demi mengejar gaya, banyak orang yang memaksakan menggunakan pelek dengan dimensi yang melebihi standar, lebih parahnya mobil tersebut digunakan untuk harian.

Melakukan ubahan kaki-kaki dengan melebihi batasan tertentu sangat mempengaruhi sisi kenyamanan dalam berkendara. Bahkan efeknya bisa berbahaya karena membuat mobil tidak layak jalan. Mulai dari mobil yang susah dikendarai sampai performa handling yang hilang.

[Baca Juga: Ini 4 Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Menyalakan Lampu Hazard]

Merendahkan Ground Clearance

Modifikasi mobil menjadi ceper juga umum dilakukan pemilik, bahkan bisa dilakukan tanpa mengganti komponen apapun, cukup memotong beberapa ulir pada per standar sehingga membuat ground clearance turun.

Selain untuk tampilan yang lebih stylish, cara ini dilakukan untuk mendapat daya aerodinamis yang lebih baik. Sayangnya modifikasi seperti ini bila digunakan untuk harian akan membahayakan orang lain.

Kenapa? Karena dengan ground clearance yang rendah akan membuat pengendara kesulitan dalam hal bermanuver di jalan berlubang, bahkan ketika melewati polisi tidur pun ada teknik agar tidak mentok. Hal ini tentu saja menggangu dan membahayakan pengguna jalan lain.

Audio

Instalasi audio menjadi tren tersendiri dalam dunia modifikasi. Ubahan audio standar biasanya dilakukan untuk meningkatkan hiburan dalam mobil, tapi bila pemasangannya sembarang akan berisiko besar. Mengganti audio serta perangkat elektronik lainnya berkaitan erat dengan sistem kelistrikan, bila tidak diimbangkan dengan penambahan daya maka cukup berisiko. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk berpotensi menimbulkan hubungan arus pendek yang membuat korsleting listrik, cukup banyak kasus mobil terbakar akibat hal ini.

Lampu HID

Saat ini lampu utama bukan hanya berfungsi sebagai pembantu visibilitas dalam berkendara, tapi juga membuat tampilan mobil nampak mewah, apalagi dengan maraknya lampu jenis HID atau High-Intensity Discharge.

Modifikasi lampu HID sebenarnya sah-sah saja untuk dilakukan, tapi tetap ada syaratnya agar aman digunakan dan tidak membahayakan pengendara lain. Penggunaan lampu HID harus melihat intensitas sinar yang dikeluarkan.

Bila terlalu besar akan membuat sinar yang dihasilkan makin terang, efeknya bisa mecelakakan pengendara lain. Pilih lampu HID yang voltage rendah, semakin putih sinarnya akan makin menyilaukan dan menggangu.

Jadi kalau ingin memodifikasi mobil tetap harus perhatikan keselamatan. Jangan sampai karena ingin tampil gaya menyampingkan keselamatan sendiri dan orang lain. Demikian dikutip dari laman resmi Daihatsu, Selasa (6/3/2018).

[Baca Juga: Tahukah Anda! Tergesa-gesa Mematikan Mesin Mobil Ternyata Bisa Berdampak Buruk]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini