Share

Bus Listrik Karya Anak Bangsa Tampil Gagah di GIICOMVEC 2018, Ini Penampakannya

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 02 Maret 2018 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 02 15 1866838 bus-listrik-karya-anak-bangsa-tampil-gagah-di-giicomvec-2018-ini-penampakannya-A1P3Sj98bf.jpg Foto: Okezone

JAKARTA -  ANDA mungkin sangat familiar dengan bus produksi Eropa atau Jepang yang memiliki kualitas baik. Namun sangat jarang melihat bus karya lokal.

Nah, di acara Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 yang diselenggarakan di JCC, Jakarta hingga Minggu 4 Maret 2018, telah terparkir bus besar berwarna biru di dekat pintu masuk. Secara seklas, bus tersebut cukup gagah penampilannya. Pun juga bagian dalamnya.

Perlu Anda tahu bahwa PT Mobil Anak Bangsa yang memproduksi kendaraan tersebut. Tidak hanya itu saja keistimewannya, bus ini merupakan e-bus atau bus yang bekerja dengan daya listrik, bukan bahan bakar minyak (BBM).

"Bisa dipastikan, bus ini benar-benar hasil tangan anak Indonesia. Jika Anda mau tahu, seluruh design kendaraan ini adalah karya anak bangsa," papar Mayjen TNI Purn. Leonard selaku Direktur Utama PT Mobil Anak Bangsa (MBA).

[Baca Juga: Resmi Diperkenalkan di GIICOMVEC 2018, Mitsubishi Fuso Fighter Diklaim Lebih Hemat BBM]

Dia menjelaskan bahwa kelebihan kendaraan ini adalah seluruhnya digerakkan oleh daya listrik. Ini juga berkaitan dengan peraturan pemerintah dan keinginan bersama di mana polusi gas rumah kaca harus semakin berkurang di kota besar di Indonesia.

"Makanya, keluar gagasan untuk mewujudkan bagaimana pemerintah bisa mengimplementasikan keingian tersebut dan terciptalah kendaraan listrik 1 tahun yang lalu," ungkap Leonard.

Kemudian, bicara mengenai spesifikasi bus listrk ini, Direktur Tehnik PT MBA Bambang Sasongko menuturkan sekalipun menggunakan listrik, ternyata bus itu bisa menempuh jarak maksimal hingga 300 Km sekali charger. Ini tentunya kabar baik bagi dunia otomotif di mana, dengan dyaa listrik, kekuatan tempuh kendaraan bisa sejuah itu.

"Kendaraan ini sudah melalui pengujian dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan sudah diuji juga di track turunan, tanjakan, dan suhu yang terbilang ekstrim," ujar Bambang di tempat yang sama.

[Baca Juga: GIICOMVEC 2018 Dibuka di JCC Hari Ini, Berikut Kendaraan yang Bakal Dipamerkan]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini