Share

Mobil Diesel Bakal Dilarang Mengaspal di Jerman?

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 28 15 1865857 mobil-diesel-bakal-dilarang-mengaspal-di-jerman-eOBqpz41Nz.jpg Unjuk rasa terhadap pengoperasian mobil diesel. Foto: Reuters

BERLIN - Kota-kota di Jerman akan diizinkan menerapkan pelarangan mobil diesel berumur tua mengaspal di beberapa wilayah setelah keputusan pengadilan.

Pengadilan Administratif Federal di Leipzig menyatakan, Kota Stuttgart dan Duesseldorf dapat secara legal melarang mobil diesel dengan polusi lebih banyak dan berumur lebih tua dari zona-zona yang mengalami polusi udara.

Namun pemerintah dan industri mobil menentang larangan tersebut karena dianggap dapat memengaruhi seluruh negara.

Mereka khawatir para pemilik mobil diesel akan terganggu kehidupannya dan mobil-mobil diesel akan mengalami penurunan nilai. Keputusan pengadilan administratif tertinggi di Jerman itu muncul setelah beberapa negara bagian mengajukan gugatan untuk menentang larangan yang diterapkan pengadilan lokal di Stuttgart dan Duesseldorf.

Kasus ini awalnya dibawa oleh kelompok aktivis lingkungan DUH. DUH menyatakan larangan itu diperlukan setelah sekitar 70 kota di Jerman mengalami kondisi udara dengan kadar nitrogen oksida melebihi batas tahun lalu. Batas untuk kadar nitrogen oksida itu ditentukan oleh Uni Eropa (UE).

“Ini hari yang hebat untuk udara bersih di Jerman,” papar Managing Director DUH Juergen Resch, dikutip kantor berita Reuters .

Mobil-mobil diesel mendapat sorotan sejak skandal “dieselgate” yang dialami Volkswagen (VW). Dalam skandal itu diduga produsen mobil memanipulasi 11 juta mobil di berbagai penjuru dunia untuk mengelabui tes emisi regulator.  

Keputusan pengadilan ini juga menjadi pukulan bagi pemerintahan Kanselir Jerman Angela Merkel yang menentang larangan tersebut. Pemerintahan Merkel mendapat kritik karena kedekatannya dengan industri mobil.

Pemerintah Jerman telah melobi agar pengadilan menentang larangan tersebut karena khawatir dapat membuat marah jutaan pengemudi dan mengganggu lalu lintas di kota.

Larangan ini juga akan memengaruhi 12 juta kendaraan di Jerman yang merupakan pasar mobil terbesar di Eropa. Harga saham produsen mobil Jerman: VW, Daimler, dan BMW, turun setelah keputusan itu. Melemah 1,7%, 0,4% dan 0,8%.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini