Share

Ini Trik Jitu untuk Menyesuaikan Bujet Beli Mobil

Rabu 28 Februari 2018 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 27 15 1865515 ini-trik-jitu-untuk-menyesuaikan-bujet-beli-mobil-S8KUtRjr59.jpg

MEMILIKI mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan. Terlebih bagi Anda yang tinggal dan bekerja di perkotaan. Mobilitas yang tinggi menjadi alasan untuk membeli mobil.

Saat ini sudah banyak jenis mobil yang tersedia di pasaran. Hampir tiap bulan selalu hadir berbagai tipe mobil dengan harga yang beragam. Anda pun perlu memilih, mana yang paling cocok memenuhi kebutuhan Anda saat ini.

Ketika hendak memiliki mobil, pastinya Anda harus memperhitungkan bujet yang dimiliki. Membeli mobil baru ataupun bekas sebaiknya dibeli dengan cara tunai, karena mengingat nilainya yang terus menerus tergerus seiring dengan perjalanan waktu.

Namun jika Anda memilih mobil dengan cara kredit, pastikan semua utang yang ditanggung tidak lebih dari 30% dari penghasilan bulanan Anda.

Sebelum Anda berkunjung ke diler, Anda harus mempunyai informasi sebanyak mungkin. Cek terlebih dahulu apakah model yang Anda beli akan diperbaharui atau tidak. Jika ya, ini bisa menjadi bahan untuk menekan harga. Berikut ini ada beberapa panduan atau tips bagi para pemula yang ingin membeli mobil, dan pastinya sesuai dengan kantong Anda.

Tentukan Bujet Beli Mobil

Pilihlah mobil sesuai dengan bujet beli mobil Anda. Langkah pertama ini adalah hal penting untuk dilakukan untuk meringankan beban kredit bulanan Anda dalam periode panjang. Menentukan anggaran terlebih dahulu sebelum membeli mobil juga membantu Anda lebih mudah untuk bernegosiasi dengan tenaga penjual di showroom atau diler. Alokasikan pendapatan Anda sekitar 20% dari pendapatan bulanan untuk membayar cicilan, bahan bakar, perawatan, hingga perbaikan mobil nantinya.

Susun Daftar Mobil

Bila selama ini Anda sudah melihat berbagai merk mobil yang ada di pasaran, tak ada salahnya untuk membuat daftar mobil yang Anda incar. Meliputi harga, fitur, dan detail lainnya. Cara ini bisa mempermudah pertimbangan Anda ketika mencocokan harga dengan anggaran yang Anda punya.

Evaluasi Ulang Pengeluaran

Setelah menentukan mobil mana yang hendak Anda beli, hitung kembali pengeluaran bulanan Anda. Mulai dari kebutuhan harian termasuk bahan bakar yang Anda keluarkan. Cara ini dilakukan agar Anda tidak mengalami kesulitan saat melunasi biaya pengeluaran dan menghindari kelebihan biaya pengeluaran dari kemampuan finansial Anda.

Cari Promo Diskon

Tak jarang produsen mobil memberikan promosi yang terbaik di antaranya tawaran suku bunga 0% atau dengan bunga rendah. Jangan pantang menyerah untuk mencari informasi suku bunga terbaik agar Anda bisa dengan mudah menentukan membeli mobil dari dealer mobil yang mana.

Selain itu, pabrikan mobil juga kerap mengiklankan tawaran menarik untuk pembelinya mulai dari diskon hingga cash back setiap pembelian mobil baru untuk mengurangi stock yang Anda. Bahkan ada juga penawaran yang diberikan langsung pada pembeli di antaranya voucher belanja, gratis klub olah raga selama periode tertentu, hingga gratis kepemilikan kartu kredit. Sebelum memutuskan, galilah semua informasi sebanyak mungkin.

Sempatkan Test Drive

Sempatkan untuk melakukan test drive yang biasanya disediakan oleh pihak diler. Test drive mempermudah Anda membandingkan kenyamanan serta kemampuan mobil secara langsung mulai dari performa mesin, transmisi, suspensi, dan fitur lainnya.

Cari Harga Terbaik

Setelah Anda menjatuhkan pilihan mobil mana yang akan Anda beli. Anda juga harus melakukan riset lainnya yakni dengan bernegosiasi dengan sales dealer dan mengetahui harga jual mobil. Cara pertama untuk bernegosiasi sebaiknya Anda langsung datangi sales dan bertanya sebanyak mungkin perihal perhitungan harga yang dikenakan pada Anda. Setelahnya, Anda bisa melakukan perbandingan baik di dealer lain atau harga pasaran melalui berbagai website resmi jual beli mobil. Cara ini bisa membuat Anda tahu harga terbaik yang ditawarkan.

Asuransi Mobil All Risk

Tentu Anda ingin memberikan perawatan dan perlindungan maksimal untuk mobil baru idaman Anda. Mobil yang nantinya akan sering Anda gunakan untuk beraktivitas sehari-hari, perlu diberi proteksi menyeluruh. Di sinilah diperlukannya asuransi mobil all risk, yang akan menjamin perlindungan maskimal terhadap segala macam kerusakan atau kehilangan mobil Anda.

Setelah membaca ulasan di atas, pastinya Anda sudah mengetahui cara membeli mobil yang sesuai dengan bujet. Yuk, mulai sekarang kunjungi Futuready.com sebelum membeli mobil baru.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmi)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini