Share

Tahukah Anda! Tergesa-gesa Mematikan Mesin Mobil Ternyata Bisa Berdampak Buruk

Abu Sahma Pane, Okezone · Selasa 27 Februari 2018 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 27 15 1865257 tahukah-anda-tergesa-gesa-mematikan-mesin-mobil-ternyata-bisa-berdampak-buruk-sWBTSoHA1k.jpg Ilustrasi. Foto: Wisegeek

SAAT hendak mematikan mesin mobil, jangan menggeber-geber gas dan langsung memutar kunci kontak ke posisi off. Sebab hal itu memiliki dampak buruk.

Tindak demikian sangat berpengaruh pada pelumasan mesin. Saat putaran tinggi, mesin memerlukan pelumasan yang lebih baik.

Tapi karena langsung dimatikan meskipun masih ada sisa oli pada dinding boring (rumah silinder), pelumasan menjadi berkurang. Jika sering dilakukan maka mesin akan aus atau jebol.

Mesin yang dimatikan setelah digeber dengan kecepatan tinggi adalah cara yang kurang tepat. Karena saat itu dapur pacu baru saja bekerja keras dari menempuh perjalanan.

[Baca Juga: Usai Menerobos Banjir, Motor Matik Bisa Kehilangan Tenaga]

Dalam keadaan mesin bertemperatur tinggi, tentu komponen di dalamnya masih mengembang, jika tiba-tiba dimatikan hal itu akan merusak dinding silinder.

Di samping itu mesin yang dituntut melakukan putaran tinggi secara terus menerus pasti mengalami stress. Kondisi ini membuat keadaan mesin belum stabil.

Kebiasaan mematikan mesin secara tergesa-gesa atau tiba-tiba sehabis melaju pada kecepatan tinggi dapat menyebabkan ring piston cepat aus. Selanjutnya merembet pada penurunan kompresi sehingga tenaga menjadi payah.

Untuk itu, saat mematikan mesin, diamkan putaran iddling beberapa saat sampai mesin benar benar dalam keadaan stationer. Setelah itu putar kunci kontak ke posisi off. Demikian dikutip dari laman resmi Toyota-Bandung pada Selasa (27/2/2018).

[Baca Juga: Tips! Pergunakan Fitur-Fitur Ini Agar Mobil Matik Anda Tidak Boros BBM]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini