Share

Mobil-Mobil Toyota Terbaru Diimbau Tak Gunakan BBM Kelas Premium, Ini Alasannya

ant, Jurnalis · Jum'at 23 Februari 2018 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 23 15 1863867 mobil-mobil-toyota-terbaru-diimbau-tak-gunakan-bbm-kelas-premium-ini-alasannya-f7CXeHOOL3.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) merekomendasikan penggunaan BBM yang lebih berkualitas, seperti kelas Pertalite dan Pertamax.

Menurut Public Relation Manager TAM Rouli Sijabat, hal itu karena mesin-mesin mobil Toyota, terutama keluaran terbaru, memang disesuaikan dengan konsumsi BBM dengan oktan tinggi.

"Tentu saja (kami rekomendasikan), karena untuk emisi yang lebih bersih serta efisiensi bahan bakar yang lebih baik, salah satunya diperoleh melalui teknologi engine dengan kompresi yang tinggi, yang memerlukan persyaratan bahan bakar dengan angka oktan tinggi," katanya.

Penggunaan BBM berkualitas tinggi, lanjut Rouli, akan berdampak baik bagi performa kendaraan. Bahan bakar lebih efisien, power maksimal, dan mesin lebih bersih dalam jangka panjang.

Sementara jika dipaksa memakai premium, maka power tidak maksimal karena titik pembakaran sedikit berbeda, dan kinerja sensor, misal knock sensor akan mengelitik.

Sementara Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan, rekomendasi tersebut membuat konsumsi Premium di pasaran menurun.

[Baca Juga: Toyota Bakal Recall 49.000 Kendaraan Maret 2018]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini