Share

Tahukah Anda! Penggunaan Antikabut Berlebihan Ternyata Bisa Bikin Kaca Mobil Retak

Abu Sahma Pane, Okezone · Jum'at 23 Februari 2018 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 22 15 1863263 tahukah-anda-penggunaan-antikabut-berlebihan-ternyata-bisa-bikin-kaca-mobil-retak-gBcNfcp6py.jpg Foto: Tamodom

JAKARTA - Setiap mobil yang dipasarkan di negara tropis yang sering hujan dan cuaca dingin, biasanya sudah dilengkapi dengan fitur standar deffogger alias antikabut pada kaca belakang. Nah, salah satu contoh yang sudah memakai fitur defogger adalah mobil Daihatsu Sirion.

Fungsinya adalah untuk menjaga visibilitas pengemudi dari apa yang terjadi di belakang kendaraan. Dengan kata lain, defogger mobil dapat mengurangi atau menghilangkan embun di kaca belakang.

Lalu seperti apa fiturnya?

Bentuknya seperti garis-garis tipis melintang atau horizontal, dan susunannya dari atas sampai ke bawah seperti buku tulis kosong. Garis ini sebenarnya kawat tipis, berfungsi sebagai kondensator panas, sehingga suhu kaca terjaga dan embun nggak terbentuk akibat perbedaan suhu antara dalam kabin dan di luar.

Foto: Autojunction

Fitur tersebut hanya ada di kaca belakang karena dirasa cukup menganggu fleksibilitas berkendara jika berada di kaca depan. Cara menggunakannya pun mudah, cukup dengan menekan tombol bergambar tiga panah melengkung yang ada di dashboard.

[Baca Juga: Tips Agar Wiper Mobil Bekerja Maksimal di Musim Hujan]

Keberadaan defogger dinilai bermanfaat di musim hujan seperti saat ini. Namun perlu diingat bahwa defogger enggak disarankan digunakan secara terus menerus. 

Sebab, untuk mobil yang belum dilengkapi arus pemutus otomatis, pengendara harus menekan lagi tombol untuk mematikan fungsi defogger.

Penggunaan defogger secara terus menerus bisa membuat kaca mobil retak, hal itu dipicu karena kaca memuai akibat perubahan suhu yang ditimbulkan garis-garis kawat tersebut.

Selain itu, defogger masuk dalam daftar komponen pengguna arus listrik yang cukup besar di mobil. Penggunaannya akan membuat aki harus menyuplai tenaga ekstra. Pemakaian yang tidak terkontrol bisa menyebabkan aki mobil cepat lemah. Jadi, gunakanlah defogger secara bijak. Demikian tips tersebut dikutip dari laman resmi Daihatsu, Jumat (23/2/2018).

[Baca Juga: Tips! Cara Mudah Berkendara Tanpa Emosi]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini