Share

Menengok Pabrik Suzuki di Cikarang, Kenapa Ertiga yang Lebih Banyak Diproduksi?

Dewi Kania, Okezone · Senin 19 Februari 2018 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 19 15 1861579 menengok-pabrik-suzuki-di-cikarang-kenapa-ertiga-yang-lebih-banyak-diproduksi-7CBXgvQKEX.jpg Foto: Dewi Kania/Okezone

CIKARANG - PT Suzuki Indomobil Motor menyatakan, mobil yang digemari masyarakat Indonesia selama ini bukanlah model city car. Mereka justru menyukai segmen MPV karena bisa memuat banyak penumpang.

Namun demikian, setiap perusahaan mobil pasti memproduksi city car dengan maksud tertentu. Tak terkecuali, Suzuki Indonesia memproduksi city car berpenumpang lima, dengan merk Ignis.

Banyak kendala yang dihadapi saat memproduksi mobil tersebut di Indonesia. Meski penjualannya masuk dalam Top 3 selama ini.

"Hasil survei kami tahun 2017, segmen city car di Indonesia hanya sekira 1%-2%. Banyak konsumen minta produksi mobil jenis baru, tapi MPV," ungkap General Manager Starategic Planning PT Suzuki Indomobil Motor R Uchiki di Pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, Senin (19/2/2018).

Uchiki menambahkan, karena pangsanya kecil, pihaknya tidak berani terlalu banyak memproduksi city car di Indonesia. Maka tidak mengherankan ketika Okezone menengok pabrik Suzuki seluas 130 di Cikarang, kebanyakan mobil jenis small MPV merek Ertiga yang dirakit.

Meski demikian, tak menutup kemungkinan, lanjut Uchiki, Suzuki mengincar generasi milenial agar menjadi konsumen city car. Beberapa tahun mendatang, diprediksi mereka lebih menyukai city car karena lebih simple. Belum lagi, perawatan mobil kecil ini butuh biaya tidak besar.

"Tapi tetap saja untuk segmen MPV, lebih banyak yang mau beli, bahkan minta produksi mobil jenis baru. Ini tidak akan berubah, riset ini MPV akan besar demand-nya. Tahun 2017 banyak sekali penjualan mobil ini," tambahnya.

Tapi kalau melihat tren, pangsa pasar mobil SUV juga tak kalah diminati. Namun, mereka sudah tak memproduksi lagi mobil tersebut karena banyak hal.

Saat ditanya apakah tahun ini akan memproduksi jenis mobil baru yang menjadi sasaran untuk konsumen, ternyata masih rahasia. Butuh banyak dana investasi besar yang tak main-main. Apalagi, dengan diproduksinya mobil tersebut juga untuk kebutuhan ekspor ke banyak negara. "Belum jelas detailnya kalau produksi mobil baru," pungkasnya.

[Baca Juga: Meluncur di Jalanan, Suzuki Ertiga All New 2018 Posturnya Lebih Besar]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini