Share

Performa Motor Bisa Terganggu Usai Kena Hujan, Ini Tips Mengatasinya

Abu Sahma Pane, Okezone · Selasa 23 Januari 2018 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 23 15 1848867 performa-motor-bisa-terganggu-usai-kena-hujan-ini-tips-mengatasinya-tRFc35QSBt.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA - Motor yang habis terkena hujan lalu dibiarkan kering sendiri oleh sinar matahahari, ternyata memiliki dampak buruk. Hal itu terjadi jika sisa air masuk ke filter continuously variable transmission (CVT) atau pada busi motor manual.

Andai demikian, maka performa mobil bisa terganggu. Busi yang kena air acap kali membuat deru motor seperti terbatuk atau brebet.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips yang pernah disampaikan Ferry, Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Menurutnya pengendara mesti rajin memeriksa kondisi filter CVT dan komponen lainnya yang basah. Maka segera dibersihkan bagian luarnya usai melintasi hujan.

[Baca Juga: Rantai Motor Kaku di Musim Hujan, Lakukan Langkah Ini]

 

Bahkan, as mounting, suspensi, kabel, dan rantai perlu segera dilap agar fermormanya tak terganggu. Khusus pada rantai di motor manial, biasanya akan serat jika dibiarkan kering sendiri. Agar rantai berfungsi normal, maka sebaiknya dikasih oli khusus.

Kemudian, agar warna bodi tak rusak maka sebaiknya motor langsung dibilas. Warna motor sendiri bisa rusak karena hujan mengandung zat asam.

[Baca Juga: Antisipasi Sepeda Motor Mogok Saat Musim Hujan]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini