Share

Ban Sport Tak Cocok untuk Mobil Harian, Ini Alasannya

Sindonews, Sindonews · Jum'at 19 Januari 2018 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 19 15 1847432 ban-sport-tak-cocok-untuk-mobil-harian-ini-alasannya-Lk9ez2exD5.jpg Ilustrasi. Foto: AFP

JAKARTA - Memodifikasi mobil menjadi salah satu cara untuk mempercantik tampilan kendaraan. Salah satunya dengan menggunakan ban sport untuk penggunaan mobil harian.

Memang secara tampilan terlihat lebih keren, tapi penggunaan ban sport pada mobil yang dipakai untuk harian dinilai kurang tepat. Marketing Manager PT YHI Indonesia, Tejo Andriastono mengatakan, kekurangan penggunaan ban sport untuk mobil harian akan membuat laju kendaraan kurang nyaman.

Selain itu, kontur ban juga lebih keras dan sudah pasti berisik. "Karena memang bahannya, komponen bannya beda dengan ban yang buat harian," ujarnya di Jakarta, Jumat (19/1/2018).

[Baca Juga: Awas! Jangan Salah Gunakan Cairan Antibocor pada Ban, Ini Penjelasannya]

Tetapi Tejo mengakui ada juga keuntungannya jika ban tipe sporty dipakai dengan gaya mengemudi sporty. "Jadi berkendaranya memang senang kenceng, senang manuver. Nah itu mungkin cocok pakai ban yang sporty," tuturnya.

Lebih lanjut, ban sport biasanya butuh panas yang lebih lama supaya lebih grib. Otomatis komponnya lebih keras dibandingkan dengan ban harian. Jadi ban akan lebih cepet ngikis ke aspal.

"Beda kalau misalkan ban blue earth yang untuk harian, dia punya ekstrak minyak kulit jeruk untuk mengempukkan komponen ban sehingga lebih enak untuk di aspal, tapi ada kandungan polimernya juga untuk mencegah keausan," ucap Tejo.

[Baca Juga: Tahukah Anda, Ban Kendaraan Lebih Cepat Habis Ketika Melintas di Jalan Beton?]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini