Share

Setelah Indonesia, Mobil China Akan Gempur Pasar Otomotif Amerika

Sindonews, Sindonews · Rabu 17 Januari 2018 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 17 15 1846220 setelah-indonesia-mobil-china-akan-gempur-pasar-otomotif-amerika-fZXGM1ZQr8.jpg Foto: Istimewa

BEIJING - Setelah Indonesia digempur produk-produk otomotif China, kini di negara sekelas Amerika Serikat banyak berseliweran mobil asal Negeri Tirai Bambu. Bahkan China bertekad menjual mobil di Amerika pada kuartal keempat 2019.

GAC Motor, Senin 15 Januari 2018 meluncurkan dua model di North American International Auto Show di Detroit: Suatu mobil konsep SUV kecil bergaya gull-wing yang disebut Enverge dan sedan menengah GA4 yang akan lebih dulu dijual di China akhir tahun ini.

Bagaimana atau kapan tepatnya mobil China itu masuk ke pasar AS, masih menjadi teka-teki. GAC menyatakan sedang berunding dengan Fiat Chrysler tentang kemungkinan distribusi kendaraan itu. Perusahaan tersebut menyampaikan telah memiliki dua pusat penelitian dan pusat desain di AS.

Pakar industri dan Ketua Yayasan AutoHarvest di Detroit, Davis Cole mengatakan kepada VOA, orang Amerika tampak siap membeli mobil buatan China. Dia mencatat, General Motors telah menjual Buick Envision buatan China ke Amerika.

[Baca Juga: Byton, Mobil Listrik China yang Siap Saingi Tesla]

Dia mengatakan, pada awalnya kualitas mobil buatan China tidak sesuai dengan harapan kebanyakan orang di sana. "Tetapi makin lama kualitasnya jauh lebih baik dan perkiraan saya, ketika kita melihat ke masa depan, perbedaan kualitas mungkin akan hilang," ucap Davis.

Jika pembuat mobil AS ingin mempertahankan status dan keunggulan mereka di industri ini, dia mengatakan, mereka tidak punya pilihan selain berkecimpung di semua pasar negara berkembang sehingga kita tidak hanya menganggapnya pesaing tetapi juga mitra.

Sebagai contoh, Buick menjual sekitar tiga kali lebih banyak kendaraan di China daripada mereka menjual di Amerika. "Dan itu menandakan bahwa kita berada di dunia baru yang penuh kesulitan," ucap Davis.

[Baca Juga: Demi Mobil Listrik, China Bakal Larang Penjualan Kendaraan Berbahan Bakar Bensin]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini